Bandara Kuala Namu pasang alat pemantau suhu badan

Rabu, 07 Mei 2014 - 01:16 WIB
Bandara Kuala Namu pasang alat pemantau suhu badan
Bandara Kuala Namu pasang alat pemantau suhu badan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi masuk dan menyebarnya virus MERS ke wilayahnya. Seperti dilakukan di pintu masuk Bandara Kuala Namu ini.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Medan, Wiendra mengatakan, pihaknya memasang alat pemantau suhu badan di pintu masuk bandara sebagai upaya mengantisipasi masukan MERS.

“Alat pemantau suhu badan sudah terpasang. Saat ini kita waspada MERS. Saat ini kita lakukan screening ketat terhadap jemaah umrah. Standar operasional prosedurnya, jika ada penumpang suspect, langsung kita rujuk ke rumah sakit,” tegasnya, Selasa (6/5/2014).

Jemaah umrah juga diminta mengutamakan kesehatan dengan memakai masker, makan bergizi dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara memberlakukan siaga Middle East Respitatory Syndrome Corona Virus (MERS COV) yaitu virus mematikan yang telah merenggut nyawa warga Medan sepulang dari umrah.

Dinas Kesehatan Sumut juga membuat surat edaran yang disebar ke seluruh dinas kesehatan tingkat daerah dan rumah sakit - rumah sakit se Sumut agar siaga MERS COV. Pemprov Sumut khawatir virus MERS yang dibawa jemaah dari umrah itu menyebar dan menular ke masyarakat lainnya.

Pelaksana Harian Kadis Kesehatan Sumut, Sri Suryani Purnamawati menyatakan, virus MERS sangat berbahaya, namun penularannya cukup mudah hanya melalui udara.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1143 seconds (0.1#10.140)