Calo penerimaan anggota polisi tertangkap

Senin, 21 April 2014 - 16:01 WIB
Calo penerimaan anggota polisi tertangkap
Calo penerimaan anggota polisi tertangkap
A A A
Sindonews.com - Seorang polisi wanita (polwan) Iptu Endang Suprihatin (39), anggota Polda Jawa Timur, warga Purwoasri Kediri, diamankan petugas Polsek Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Endang merupakan perwira polisi gadungan yang menyamar menjadi calo untuk menipu para calon anggota polisi dalam pendaftaran sekolah calon bintara polisi.

Untuk menyakinkan korbannya, wanita ini mengaku sebagai perwira Polda Jatim dan bisa meloloskan anak-anak mereka yang ingin menjadi anggota polisi dengan biaya Rp65 juta. Dia juga mengaku baru dipindahtugaskan ke Polres Jombang.

Menurutnya, jika pada umumnya biaya masuk bisa mencapai ratusan juta, tapi melalui dirinya biaya masuk cukup dengan Rp65 juta saja. Korban yang curiga lantas melaporkannya ke kantor polisi, dan pelaku pun langsung ditangkap.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, tim provos membawanya ke Mapolres Jombang. Bersama tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti, berupa baju perwira polisi lengkap dengan pangkatnya.

Meski gagal memperdayai korbannya, polisi mengaku akan tetap mengusut kasus ini sampai tuntas, karena dicurigai pelaku memiliki jaringan yang lebih besar.

Belajar dari peristiwa ini, polisi mengimbau masyarakat yang ingin memasukkan putra putrinya menjadi anggota polisi agar tidak mudah tergiur dengan tawaran-tawaran yang meminta imbalan sejumlah uang.

Sebab dalam proses rekruitmennya, pendaftaran calon bintara polisi tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5259 seconds (0.1#10.140)