Kebakaran landa kantor PLN Madiun, kerugian capai miliaran

Sabtu, 19 April 2014 - 18:49 WIB
Kebakaran landa kantor PLN Madiun, kerugian capai miliaran
Kebakaran landa kantor PLN Madiun, kerugian capai miliaran
A A A
Sindonews.com - Kebakaran hebat melanda Kantor PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Madiun, di Jalan MT Haryono, Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Kebakaran menghanguskan seluruh isi gedung. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Sejumlah saksi di lokasi kejadian menyatakan kejadian ini terjadi begitu cepat. Api diduga berasal dari ruang komputer server di lantai satu yang langsung menyambar ke ruang-ruang lain yang terbuat dari material mudah terbakar seperti kayu dan kertas.

Termasuk, ke lantai dua yang kebanyakan berupa sekat-sekat kayu. Kala itu, terjadi beberapa kali ledakan. Sejumlah petugas pengamanan yang bertugas berupaya memadamkan api dengan menyiramkan air. Tapi upaya itu tidak membuahkan hasil.

Setelah petugas melaporkan ke Dinas Pemadam Kebakaran setempat, beberapa menit kemudian, enam armada mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Madiun, Pemerintah Kabupaten Madiun, dan Pangkalan Udara Iswahjudi di Magetan diterjunkan ke lokasi kejadian.

Sekitar pukul 10.00 WIB, api berhasil dipadamkan. Namun upaya pembasahan masih terus dilakukan hingga siang hari. “Api sudah padam. Bangunan dan barang-barang di gedung utama hampir semua ludes terbakar,” ungkap Asisten Manajer Jaringan PLN Area Madiun Aep Saifuddin, Sabtu (19/4/2014).

Barang-barang yang hangus itu, di antaranya data pelanggan dan komputer berjaringan. Dokumen dan piranti tersebut berada di ruang manajer, asisten manajer, dan staf PLN Area Madiun. Tidak itu saja tiga unit mobil Toyota Avanza yang digunakan operasional perusahaan dan satu mobil Nissan Grand Livina milik karyawan juga ludes terbakar.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Madiun Kota AKP Suhono mengatakan, setelah penyemprotan rampung dijalankan, pihaknya akan melakukan penyelidikan awal.

Hanya saja, upaya itu bukan untuk mencari penyebab dari kebakaran tersebut. “Karena hal itu kewenangan dari tim Labfor Polda Jatim,”’ kata AKP Suhono.

Dikatakannya, kepolisian setempat telah menyampaikan peristiwa kebakaran kantor PLN Area Madiun ke Kepolisian Daerah Jawa Timur. Tim dari Laboratorium Forensik diperkirakan akan terjun ke lokasi kebakaran esok atau lusa.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.2958 seconds (0.1#10.140)