Dicap rajin pungli, ini tanggapan SMP 2 Klaten

Rabu, 16 April 2014 - 15:01 WIB
Dicap rajin pungli, ini tanggapan SMP 2 Klaten
Dicap rajin pungli, ini tanggapan SMP 2 Klaten
A A A
Sindonews.com - SMP II Kabupaten Klaten, membantah jika pihaknya selama ini telah melakukan pungutan liar terhadap wali siswa. Kendati demikian, pihak sekolah tak menampik adanya sumbangan sukarela yang sifatnya tidak mengikat dan tidak wajib.

Ketua Komite SMP II Klaten, Isnaini, mengatakan penarikan sumbangan itu sifatnya hanyalah sukarela sesuai dengan komitmen dan keikhlasan para wali siswa. Menurutnya, itu sebagai peran serta orangtua wali siswa untuk ikut membiayai pendidikan mereka dengan fasilitas yang lebih baik.

Sumbangan tersebut menurutnya dipakai untuk membayar fasilitas yang selama ini didapatkan oleh para siswa yang belajar di sekolah tersebut. Selain itu penarikan sumbangan itu juga dilaukan untuk melakukan subsidi silang kepada siswa yang tidak mampu.

“Kami tidak pernah memaksa kepada orang tua wali siswa, bairkanlah mereka membayarkan sumbangan pendidikan sesuai kemampuan dan keikhlasan mereka,” tutur Isnaini, Rabu (16/4/2014).

Pihaknya menyebutkan jika ada yang tidak setuju dengan penarikan sumbangan sukarela itu menurutnya cukup wajar. Akan tetapi sebagian besar wali siswa telah membayarkan uang sumbangan itu kepada sekolah.

“Yang tidak setuju itu siapa, kita aja tidak memaksa, kalau mereka menentang dan tidak mau membayar itu wajar, namun itu tidak banyak,” ucapnya.

Kepala Sekolah SMP II Klaten, Woro, enggan berkomentar akan masalah tersebut. Pihaknya mengaku sudah menyerahkan semua masalah itu kepada pihak Komite Sekolah. Menurutya komite sekolah bertindak sebagai fasilitator antara sekolah dan wali siswa.

Baca juga:
Wali murid keluhkan pungutan liar di SMP II Klaten
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4062 seconds (0.1#10.140)