Aher minta penyebar kunci jawaban UN diusut

Senin, 14 April 2014 - 12:46 WIB
Aher minta penyebar kunci jawaban UN diusut
Aher minta penyebar kunci jawaban UN diusut
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), meminta pelaku penyebar kunci jawaban palsu ujian nasional (UN) diusut. Kunci jawaban itu dinilai meresahkan dan bisa membuat siswa terjebak.

"Saya minta itu diusut karena itu meresahkan," tegas Aher di sela pemantauan UN di SMAN 1 Bandung, Senin (14/4/2014).

Ia berkeyakinan, para siswa sekarang sudah cerdas dan tidak mudah terjebak dengan kunci jawaban UN yang beredar. Apalagi selama ini sering beredar kunci jawaban palsu setiap pelaksanaan UN.

"Sekarang siswa sudah lebih percaya diri. Meskipun di sosial media sudah beredar orang yang mengajak transaksi (kunci jawaban UN), tidak ada yang terpengaruh," jelasnya.

Sebaliknya, siswa justru melapor ke guru atau pihak sekolah jika menemukan hal-hal janggal seperti itu. Contohnya adalah kasus beredarnya kunci jawaban via twitter dan facebook yang dilaporkan beberapa siswa ke pihak sekolah kemarin.

Aher mengatakan, pelaksanaan UN kali ini tidak mengandung hal-hal riskan. Contohnya dari segi soal, setiap siswa dalam satu kelas memegang soal yang berbeda. Siswa pun akan sulit berbuat curang saat mengerjakan soal UN.

"Sulit untuk dimanipulasi karena soal setiap ruangan itu beda," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5056 seconds (0.1#10.140)