Nama Ki Daus ternyata pemberian Asep Sunandar

Selasa, 01 April 2014 - 11:07 WIB
Nama Ki Daus ternyata pemberian Asep Sunandar
Nama Ki Daus ternyata pemberian Asep Sunandar
A A A
Sindonews.com - Duka mendalam dirasakan Ki Daus atas kepergian sahabatnya Asep Sunandar Sunarya. Asep meninggal pada Senin 31 Maret 2014 siang, di RS Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung. Almarhum meninggal, karena terkena serangan jantung.

Bagi Ki Daus, sosok Asep Sunandar begitu dekat. Dalam saat bersamaan, dia bisa menjadi sahabat, saudara, sekaligus guru. Tapi dia lebih menganggap Asep sebagai guru.

"Beliau saya anggap guru, karena wawasan budaya dan sepak terjang almarhum (dalam dunia wayang golek) sudah mendunia," kata Ki Daus, kepada wartawan, Selasa (1/4/2014).

Banyak kesan yang dirasakan Ki Daus selama mengenal sosok Asep Sunandar. Satu pesan yang paling diingatnya adalah harus cerdas dalam melawak.

"Beliau bilang sok euy ngalawak cing alus, tapi barengan ku wawasan (melawak harus bagus, tapi imbangi dengan wawasan)," bebernya.

Selain itu, ada satu hal yang tak akan bisa dilupakan, yaitu nama Ki Daus. "Nama Ki Daus ini adalah pemberian almarhum," ungkapnya.

Nama Ki Daus sendiri berasal dari nama aslinya, yaitu Dadang Usman. Kata Ki di depan namanya, menunjukkan dia sudah menjadi aki alias kakek-kakek. "Nama Ki Daus ini adalah pemberian almarhum," tukasnya.

Baca juga:
Pesan Asep Sunandar kepada Ridwan Kamil: Sabar!
Warisan berharga Asep Sunandar Sunarya
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6431 seconds (0.1#10.140)
pixels