Pesan Asep Sunandar kepada Ridwan Kamil: Sabar!

Selasa, 01 April 2014 - 10:46 WIB
Pesan Asep Sunandar kepada Ridwan Kamil: Sabar!
Pesan Asep Sunandar kepada Ridwan Kamil: Sabar!
A A A
Sindonews.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ikut berduka atas meninggalnya dalang Asep Sunandar Sunarya. Di sela kesibukannya, pria yang akrab disapa RK itu menyempatkan datang ke rumah duka, di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin 31 Maret 2014 malam.

"Saya atas nama pribadi maupun jajaran Pemkot Bandung merasa sangat kehilangan sosok almarhum," kata RK, kepada wartawan, Selasa (1/4/2014).

Menurutnya, duka tidak hanya dirasakan warga Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia. "Bukan hanya di Indonesia, bahkan di mancanegara pun merasa kehilangan," ungkapnya.

Hal itu, tak lain karena sosok Asep yang sudah malang melintang ke berbagai negara untuk membesarkan wayang golek ke kancah internasional. Bahkan, Asep pernah jadi pengajar disalah satu kampus di Prancis.

Asep, kata RK, adalah sosok legenda yang tidak akan tergantikan. Asep punya tempat tersendiri dalam dunia pewayangan.

Hal itu jadi tantangan bagi para dalang lain untuk berkiprah dan berjuang lebih keras dari yang pernah dilakukan Asep. "Ini tantangan besar, karena nama besar seseorang tidak mudah digantikan," ungkapnya.

RK mengatakan, Asep adalah salah satu sosok yang mendukungnya dalam pencalonannya sebagai wali kota. Dia pun mengingat banyak hal dari sosok almarhum.

Tapi ada satu hal yang kemudian selalu diingat dan dijalankan RK. "Ingat kata beliau, harus sabar, apalagi kalau jadi pemimpin. Dan itu saya pegang terus sampai sekarang," tandasnya.

Baca juga:
Warisan berharga Asep Sunandar Sunarya
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6212 seconds (0.1#10.140)
pixels