Latihan Megatrust Mentawai, 4 kapal perang TNI dikerahkan

Senin, 10 Maret 2014 - 12:55 WIB
Latihan Megatrust Mentawai, 4 kapal perang TNI dikerahkan
Latihan Megatrust Mentawai, 4 kapal perang TNI dikerahkan
A A A
Sindonews.com - Latihan penanggulangan bencana Mentawai Megathrus Disaster (MMD) di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang akan digelar pada 17 - 23 Maret 2014 mendatang tampaknya tidak main-main. Selain diikuti 18 negara, empat unit Kapal Perang milik TNI juga akan dikerahkan.

"Selama latihan kapal perang akan dioperasikan," ujar Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Teluk Bayur, Padang, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Soedarmien Soedar kepada wartawan, Senin (10/3/2014).

Selain empat kapal perang, menurut Soedarmien, pihaknya juga menyiapkan beberapa unit kapal cepat milik TNI AL.

Seperti diketahui, latihan tersebut menggambarkan telah terjadinya gempa bumi yang berpotensi terjadi tsunami yang ditandai dengan berbunyinya sirene peringatan untuk melakukan evakuasi warga.

Dalam situasi ini terlihat kepanikan warga dalam menyelamatkan diri dengan arahan menuju shalter-shalter yang terdekat.

Pra pelatihan simulasi evakuasi tsunami ini digelar di Kecamatan Padang Utara, Padang Barat, Koto Tangah dan Padang Timur. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan menghadiri acara latihan penanggulangan bencana Megatrust Mentawai.

Sebagai persiapan acara, Wali Kota Padang Erizal bahkan menyatakan akan membongkar seluruh bangunan yang berada di pantai Padang.

Baca:
Latihan bencana Megatrust Mentawai, Padang berbenah
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8313 seconds (0.1#10.140)