Liburan mencekam ala Cigenter yang bernuansa Amazon

Sabtu, 08 Maret 2014 - 17:02 WIB
Liburan mencekam ala Cigenter yang bernuansa Amazon
Liburan mencekam ala Cigenter yang bernuansa Amazon
A A A
Sindonews.com - Bosan dengan liburan yang biasa? Anda bisa sambangi wisata menyusuri sungai Cigenter, yang berada di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Anda akan disuguhi wisata khas Amazon ala Indonesia. Pasalnya, disepanjang susuran sungai, terdapat banyak buaya yang tiba-tiba menyembul ke permukaan air. Begitupula dengan banyaknya ular yang nampak banyak melilit di pohon-pohon.

Sungai Cigenter sendiri adalah sebuah sungai yang berada di kawasan Pulau Handeleum. Pulau Handeleum berada di antara gugusan pulau-pulau kecil yang berada di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon. Luas Pulau Handeuleum sekira 220 hektare.

Di pulau ini, terdapat satwa rusa (Rusa timorensis), dan ular phyton. Tak hanya itu, satu khas yang menarik dari pulau ini adalah hutan magrove yang mengelilinginya.

Untuk menuju ke sana, anda harus masuk melalui Desa Paniis, Kecamatan Keroncong, Kabupaten Pandeglang. Setibanya di Desa Paniis, anda bisa memakirkan kendaraan di rumah warga yang siap menerima kedatangan anda dengan ramah, dan terjamin keamanannya.

Dari rumah warga, anda mesti menyewa perahu Rp1.500.000 dengan kapasitas maksimal 20 orang. Biaya itu sudah termasuk dua kali perjalanan pulang-pergi.

Setibanya di pulau kawasan Ujung Kulon, anda mesti membayar tiket masuk Rp5.500. Di sana, anda akan disapa rindangnya pepohonan disertai suara burung yang terus berkicau.

Untuk menjelajahi sungai yang panjangnya 12 km, anda bisa menyewa perahu kano berkapasitas lima orang. Soal biaya, cukup merogoh kocek Rp50 ribu perperahunya. Itu sudah termasuk pemandu perahu kano yang akrab disebut jukung.

Ketika menyusuri sungai, sensasi yang biasanya muncul adalah tenang dan mencekam, mirip suasana Amazon. butuh waktu sekira 15 menit untuk sampai di Cigenter.

Liburan mencekam ala Cigenter yang bernuansa Amazon


Wisata yang terlihat seru ini ternyata banyak diminati banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Seperti Diah Mutmainah (25), wisatawan asal Jakarta yang memilih menghabiskan akhir pekannya dengan menyusuri sungai Ciganter dengan menggunakan perahu kano.

"Saya kepengin liburan yang berbeda dan enggak jauh dari Jakarta. Kan bosan kalau hanya Puncak Bogor saja," tutur wisatawan lokal, Diah Mutmainah (25), kepada Sindonews.com, Sabtu (8/3/2014).

Menurutnya, bila anda beruntung, anda bisa melihat badak bercula satu mencari makan di tepi sungai. Karena tepi sungai tersebut merupakan jalur badak untuk mencari makan. Hal itu terlihat dari banyaknya jejak kaki badak di lokasi.

Menarik bukan? Silakan saja jika anda ingin menikmati liburan dengan atmosfer Amazon, di Amerika Selatan. Selamat berlibur.

Baca:
Lubuk Nyarai, sepotong surga di Sumatera Barat
Tradisi unik di Wonosalam, warga rebutan durian gratis
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5757 seconds (0.1#10.140)