Bunuh diri masal, gangguan kejiwaan orangtua diturunkan ke anak

Senin, 03 Maret 2014 - 11:41 WIB
Bunuh diri masal, gangguan kejiwaan orangtua diturunkan ke anak
Bunuh diri masal, gangguan kejiwaan orangtua diturunkan ke anak
A A A
Sindonews.com - Kasus bunuh diri masal yang dilakukan satu keluarga di dua lokasi yang berbeda saat ini menyita perhatian masyarakat. Terbilang unik, lantaran seluruh pelaku bersepakat untuk menenggak racun untuk mengakhiri hidupnya. Lantas apa kata psikolog terkait tindakan mereka?

Psikolog dari Universitas Maranatha Bandung Efnie Indriani mengatakan, kasus bunuh diri sekeluarga asal Pekalongan itu lebih banyak dipengaruhi oleh faktor keturunan atau gen dari orangtuanya.

“Dalam kajian psikologi ini dinamakan share psychology. Artinya gangguan kejiwaan yang bersifat diturunkan dari orangtuanya," kata dia kepada SINDO, Senin (3/2/2014).

Jadi secara genetika, gangguan kejiwaan yang dialami orangtua diturunkan kepada anakya. Efnie menilai dalam keluarga tersebut juga secara sadar maupun tidak sadar telah menanamkan kondisi kejiwaan tersebut kepada keluarganya terutama anak-anaknya.

"Apalagi jika faktor genetika tersebut dipengaruhi dengan kondisi lingkungan atau sebuah peristiwa maupun perekonomian sebuah keluarga," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Program Studi Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa Universitas Padjajaran yang juga Psikiater RS Hasan Sadikin Bandung Teddy Hidayat mengatakan, para pelaku yang merupakan orang dewasa memiliki keputusan berbeda untuk mengambil tindakan bunuh diri.

Dia mengungkapkan, hampir 40 persen penderita depresi memiliki ide untuk melakukan bunuh diri dan 15 persen di antaranya berhasil.

Di Indonesia, angka bunuh diri tergolong naik setiap tahunnya. Bersamaan dengan makin kompleksnya krisis yang dihadapi masyarakat. “Cara paling mudah bunuh diri yakni 40 persen gantung diri dan 23 persen dengan minum racun,” ujar dia.

Karena itu, kata dia, tugas keluarga maupun dokter-dokter, khususnya kejiwaan, adalah menjadi problem solving bagi mereka yang memiliki kesulitan.

Baca:
Terkait kondisi Salsa, keluarga minta RS bungkam
Kasus bunuh diri masal, Salsa masih kritis
Pagi ini, jenazah Anita dan Roy Sudjito dikremasi
Organ dalam pelaku bunuh diri masal alami peradangan
Motif bunuh diri masal keluarga Anita masih gelap
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7803 seconds (0.1#10.140)