Atasi bencana asap, BNPB siapkan Rp300 miliar

Kamis, 27 Februari 2014 - 16:31 WIB
Atasi bencana asap, BNPB siapkan Rp300 miliar
Atasi bencana asap, BNPB siapkan Rp300 miliar
A A A
Sindonews.com - BNPB telah menyiapkan dana siap pakai Rp300 miliar untuk penanganan bencana asap selama tahun 2014 di seluruh wilayah Indonesia. Pemakaiannya disesuaikan kebutuhannya.

Kepala BNPB Syamsul Maarif, untuk antisipasi bencana asap maka BNPB telah melakukan rakor dengan kementerian, lembaga, BPBD dan pemda.

Pemda tetap sebagai penanggung jawab yang didukung oleh Pemerintah Pusat. Kemenkokesra sebagai koordinator, dan BNPB sebagai pemegang komando didukung oleh kementerian/lembaga.

Syamsul Maarif menyatakan, 99% penyebab bencana asap adalah dibakar. Artinya ada pelaku yang membakar lahan dan hutan. Jika tidak ditindak maka akan berulang terus. Pertanian dengan cara membakar memang ada di Sumatera dan Kalimantan tapi yang penting terkontrol.

Apalagi jika daerahnya gambut seperti di Riau yang ketebalannya hingga 10 meter maka akan menyebabkan sulit untuk memadamkan.

"Saat ini masalah bencana asap sedang dibahas di Sidang Kabinet yang dipimpin Presiden di Istana Negara, "kata Syamsul sesuai rilis yang dikirimkan ke Sindonews, Kamis (27/2/2014).

Baca juga :
BNPB siapkan operasi atasi bencana asap
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6562 seconds (0.1#10.140)