Waspadai banjir di wilayah barat Jawa Tengah

Rabu, 19 Februari 2014 - 20:33 WIB
Waspadai banjir di wilayah barat Jawa Tengah
Waspadai banjir di wilayah barat Jawa Tengah
A A A
Sindonews.com - Warga Jawa Tengah yang tinggal di bagian barat diminta kembali mewaspadai bencana banjir. Sebab, konsentrasi banjir kembali ke daerah barat setelah beberapa pekan lalu terjadi di daerah timur.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Tengah Prasetyo Budie Yuwono menjelaskan, pola banjir yang terjadi di Jawa Tengah dimulai dari daerah barat, lalu berlanjut ke daerah timur, namun kini beralih kembali ke daerah barat.

“Daerah yang terancam banjir adalah Brebes, Tegal, Cilacap, dan Banyumas,” katanya di Semarang, Rabu (19/2/2014).

Menurut Presetyo, banjir yang terjadi pada 11 desa di Kabupaten Brebes, Rabu (19/2/2014) akibat tanggul Sungai Cisanggarung jebol.

Selain itu, sejumlah sungai yang diwaspadai rawan jebol adalah Kali Babakan Brebes dan Kali Pamali.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten agar segera melakukan peringatan-peringatan,” lanjut dia.

Prasetyo menambahkan, sudah mengirimkan tenaga untuk menambal tanggul-tanggul yang jebol dan rawan jebol tersebut. Hal itu untuk mengantisipasi agar banjir tidak meluas.

Selain daerah barat, lanjut dia, banjir yang perlu diwaspadai adalah di daerah Solo. Sebab, banyak abu vulkanik Gunung Kelud yang jatuh di Solo banyak dibuang di saluran-saluran maupun sungai.

“Kalau mengendap kami khawatirkan terjadi genangan saat hujan,” lanjut dia.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4992 seconds (0.1#10.140)