Banjir rob hantam Kei Besar Selatan

Rabu, 05 Februari 2014 - 13:35 WIB
Banjir rob hantam Kei Besar Selatan
Banjir rob hantam Kei Besar Selatan
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 191 kepala keluarga di 20 desa, di Kecamatan Kei Besar Selatan, Kabupaten Maluku Tenggara, terendam banjir rob. Sebanyak 56 rumah warga rusak berat, dan 54 rusak ringan.

Banjir juga mengakibatkan talud penahan ombak sepanjang 1.840 meter rusak berat. Dari 979 warga yang rumahnya rusak, kini sudah mengungsi ke tempat yang aman. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Tim Gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tenggara mengaku mengalami kesulitan melakukan evakuasi, karena gelombang laut tinggi dan angin kencang, pada Senin 5 Februari 2014.

Alhasil, proses evakuasi baru bisa dilakukan, pada Selasa 4 Februari 2014. Dengan menggunakan speed raja laut, Tim BPBD Kabupaten Maluku Tenggara akhirnya berhasil tiba di Kei Besar.

Namun hanya beberapa desa yang bisa ditempuh oleh tim, akibat masih tingginya golombang dan angin kencang. Direncanakan, hari ini tim penangulangan bencana akan mulai mendata rumah warga yang terkena banjir.

Sampai saat ini, warga Desa Mata Holat, Kecamatan Kei Besar Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara, masih terendam banjir ketika air laut pasang. Sejumlah fasilitas umum, seperti tempat pemakaman umum Desa Mata Holat rusak berat.

Sampah berserakan hingga dalam rumah warga. Menurut Kepala BPBD Kabupaten Maluku Tenggara, bencana banjir rob akan menjadi perhatian pemerintah daerah dan pemerintah akan memberikan bantuan fisik untuk mengatasinya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0498 seconds (0.1#10.140)