22 kecamatan di Blitar rawan puting beliung

Jum'at, 31 Januari 2014 - 01:04 WIB
22 kecamatan di Blitar rawan puting beliung
22 kecamatan di Blitar rawan puting beliung
A A A
Sindonews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Jawa Timur menyatakan, sebanyak 22 kecamatan di wilayahnya teridentifikasi sebagai wilayah rawan puting beliung. Atas kondisi tersebut, warga pun diminta untuk selalu waspada.

"Dari peta bencana yang ada, 22 kecamatan merupakan daerah puting beliung, "ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Blitar Katidjan, kepada wartawan, Kamis (30/1/2014).

Dari data yang diterima BPBD, bulan Januari memiliki tingkat kerawanan musibah puting beliung cukup tinggi. Keadaan ini didukung curah hujan yang belum juga berkurang. "Kendati demikian, hingga saat ini belum ada laporan adanya kasus puting beliung," terangnya.

Dari catatan BPBD, pada Tahun 2013, bencana puting beliung telah melanda 10 kecamatan. Di antaranya adalah Kecamatan Wonodadi, Kecamatan Udanawu, Kecamatan Srengat, Kecamatan Ponggok, Kecamatan Nglegok, Kecamatan Gandusari, Kecamatan Panggungrejo, Kecamatan Kesamben, Kecamatan Selorejo dan Kecamatan Kademangan.

"Sebagai antisipasi terulangnya musibah, kami menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemotongan pepohonan berusia tua yang rawan tumbang. Terutama pohon yang berdekatan dengan permukiman penduduk," jelasnya.

Menanggapi hal ini anggota DPRD Kabupaten Blitar M Ansori berharap, BPBD dapat mengoptimalkan sosialisasi ke masyarakat. Sebab selain puting beliung, sejumlah daerah rawan bencana tanah longsor dan banjir. "Sebab hingga kini musim penghujan belum juga berganti," ujarnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6096 seconds (0.1#10.140)