Tim SAR fokus pencarian korban longsor Tinoor

Sabtu, 18 Januari 2014 - 01:15 WIB
Tim SAR fokus pencarian korban longsor Tinoor
Tim SAR fokus pencarian korban longsor Tinoor
A A A
Sindonews.com - Badan SAR Nasional (Basarnas) Manado terus melakukan pencarian korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Pencarian saat ini difokuskan di Jalan Tomohon-Manado tepatnya Tambulinas, Tinoor, Lingkungan Dua, Kecamatan Tomohon Utara. Di lokasi itu diperkirakan masih banyak korban yang tertimbun tanah longsor.

Kepala Operasional Basarnas Manado Danang Tripantoko mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan berapa korban yang masih tertimbun dalam longsoran tersebut.

Namun saat terjadi bencana, berdasarkan keterangan warga di lokasi terdapat banyak orang di sana, di antaranya pengendara dan penumpang kendaraan umum.

"Kami belum tahu berapa jumlah pastinya, namun memang berdasarkan keterangan warga sekitar, saat kejadian, di sana banyak orang, karena itulah kami terus upayakan pencarian," terang Danang, Sabtu (18/1/2014)

Saat ini kondisi di lokasi tersebut telah kering, sudah tidak ada air yang menggenang dan secara umum tidak ada kendala yang berarti, karena jumlah petugas dari Tim SAR mendapat dukungan penuh dari pusat, begitu pula peralatan evakuasi cukup lengkap. Namun karena lokasi longsor cukup luas, membuat pencarian tidak mudah dilakukan.

"Kendalanya hanya lokasinya yang sangat luas, jadi kami tidak mudah untuk menemukan korban yang tertimbun, lokasi tepatnya korban ada di mana itu yang harus kami cari dulu," ujar Danang.

Disinggung sampai kapan pencarian itu akan dilakukan, kata Danang tidak ada batas waktu yang ditentukan untuk melakukan pencarian.

"Dari pusat tidak memberikan batas waktu pencarian, yang penting asalkan ada laporan warga ada yang kehilangan anggota keluarga, maka kami akan lakukan pencarian," jelasnya.

Sebelumnya tanah longsor tiba-tiba terjadi di Tambulinas, Tinoor, Lingkungan Dua, Kecamatan Tomohon Utara, di ruas Jalan Tomohon–Manado. Bencana itu terjadi sehari setelah banjir bandang melanda Kota Manado.

Saat kejadian banyak pengguna jalan melintas di area tersebut. Tak pelak mereka terjebak, bahkan ada yang ikut terjun ke jurang dan tertimbun longsoran.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1565 seconds (0.1#10.140)