BMKG: Tak ada tsunami di Manado!

Jum'at, 17 Januari 2014 - 15:27 WIB
BMKG: Tak ada tsunami di Manado!
BMKG: Tak ada tsunami di Manado!
A A A
Sindonews.com - Bencana banjir bandang yang melanda Kota Manado dinilai mulai dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Seperti yang terbaru, isu bencana tsunami di Manado telah membuat warga pesisir dilanda kepanikan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara menyatakan pihaknya tidak mendeteksi adanya tsunami yang akan menghantam pesisir Manado.

"Saat ini tidak ada deteksi tsunami di perairan Sulawesi Utara. Kami tidak mengeluarkan informasi itu," tegas Prakirawan Cuaca dan Deteksi Tsunami BMKG Sulawesi Utara Suryadi saat dikonfirmasi, Jumat (17/1/2014).

Meski begitu, dia mengakui telah terjadi gempa di Laut Ternate. "Tapi hanya gempa kecil biasa, dan tidak berpotensi tsunami," ujar Suryadi.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu siaga dan tak mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan. "Masyarakat tidak usah panik. Jangan sampai termakan dengan isu tsunami yang berkembang. Karena isu itu hanya disampaikan oleh oknum yang memanfaatkan situasi dan kondisi Kota Manado yang tengah karut-marut dilanda banjir," tutupnya.

Informasi yang dikutip Sindonews dari situs BMKG, gempa yang terjadi di Laut Ternate terjadi pada pukul 11.48 WIB, Kamis 16 Januari kemarin siang, bukan pada hari ini.

Gempa yang berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) tersebut terjadi di kedalaman 10 Km, dengan koordinat 1.43 Lintang Utara (LU) dan 126.37 Bujur Timur (BT), atau berada di lokasi 127 Km Barat Laut Ternate-Maluku Utara.

Baca:
Beredar isu pesisir Manado akan dihantam tsunami
Wawalkot Manado: Tidak ada tsunami, warga jangan panik!
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5902 seconds (0.1#10.140)