Mulai hari ini, pendakian Gunung Semeru ditutup

Senin, 06 Januari 2014 - 16:55 WIB
Mulai hari ini, pendakian Gunung Semeru ditutup
Mulai hari ini, pendakian Gunung Semeru ditutup
A A A
Sindonews.com - Bila sebelumnya pendaki yang hendak ke Gunung Semeru masih dibatasi hingga Kalimati saja, terhitung hari ini jalur pendakian ke Gunung Semeru ditutup total hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Menurut Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ayu Dewi Utari, penutupan ini dilakukan menyusul konservasi alam dengan pemulihan ekosistem di kawasan jalur pendakian.

"Sejak tanggal 6 Januari 2014, jalur pendakian kami tutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Selain pemulihan, cuaca di sekitar pendakian juga buruk. Ini merupakan rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)," jelas Ayu Dewi, Senin (6/1/2014).

Ayu menjelaskan, pendakian ditutup total termasuk ke wilayah Ranu Kumbolo. Meski demikian, lanjut dia, para penikmat wisata alam masih bisa menikmati pesona Gunung Bromo, Ranu Pani dan Ranu Reguo.

Berdasarkan catatan, TNBTS juga pernah melakukan penutupan serupa 8 Januari hingga April 2013 lalu. Selain karena cuaca ekstrim, penutupan itu ditempuh untuk pemulihan ekosistem Semeru yang rusak selama jalur pendakian dibuka.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6786 seconds (0.1#10.140)