Kapal kandas di Bajoe, syahbandar salahkan nahkoda

Selasa, 31 Desember 2013 - 14:18 WIB
Kapal kandas di Bajoe, syahbandar salahkan nahkoda
Kapal kandas di Bajoe, syahbandar salahkan nahkoda
A A A
Sindonews.com - Kapal Mega Surya 01 yang kandas di Dermaga Bajoe, Sulawesi Selatan, ternyata membawa muatan seberat 200 ton. Padahal saat masuk ke dermaga, kondisi air laut sedang surut.

Kepala Syahbandar Bajoe Andi Abbas mengatakan, muatan kapal itu berisi beras, air mineral, mie instan dan terigu. Dia memastikan kandasnya kapal itu akibat beban yang tak sesuai dengan kondisi air laut.

"Penyebabnya adalah muatan penuh. Nahkoda kapal tidak lihai melihat situasi di area dermaga yang tidak sama kedalaman airnya. Sudah tahu dangkal, tetapi nahkoda kapal tetap memaksakan. Kami juga sudah beberapa kali memberikan peringatan," kata Andi Abbas, Selasa (31/12/2013).

Dia pun memperingatkan kapal-kapal lain agar memberitahukan dulu sebelum akan berlabuh. Kapal yang akan berlabuh baru dipersilakan bersandar setelah mengantongi izin layak berlabuh. "Ini penting, agar tak kejadian seperti ini lagi," lanjutnya.

Sementara itu, hingga kini proses evakuasi Kapal Mega Surya 01 masih terus dilakukan. Muatan kapal yang kebanyakan terdiri dari sembako itu masih diangkat dari dalam kapal karena banyak yang terendam.

Baca:
Kapal Mega Surya kandas di Dermaga Bajoe
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8225 seconds (0.1#10.140)