Sampah menggunung di Pantai Kuta Bali

Jum'at, 27 Desember 2013 - 00:02 WIB
Sampah menggunung di Pantai Kuta Bali
Sampah menggunung di Pantai Kuta Bali
A A A
Sindonews.com - Sudah tiga hari terakhir ini Pantai Kuta yang menjadi obyek wisata andalan Pulai Bali dipenuhi sampah, organik maupun non organik.

Selain menggangu pemandangan, banyaknya sampah itu mengakibatkan banyaknya keluhan dari para wisatawan yang hendak menikmati keindahan pantai di libur panjang Natal dan Tahun Baru.

"Pantai Kuta katanya bersih dan indah, kok banyak sampah di sini," ucap seorang wisatawan asal Jerman, Maria, saat diwawancarai, Kamis (26/12/2013).

Iapun kecewa melihat kondisi pantai yang saat ini sejauh mata memandang dipenuhi sampah dan merusak pemandangan Pantai Kuta.

Keluhan lain juga diutarakan wisatawan domestik asal Bogor, Jawa Barat (Jabar), Faisal. "Kecewa saya, kok banyak banget sampah di sini," keluh Faisal.

Menurutnya, jika tumpukan aneka jenis sampah tidak cepat dibersihkan kata dia akan mengganggu kenyamanan wisatawan yang mengunjungi pantai.

Berdasarkan pantauan di lapangan, banyak sekali sampah tampak menumpuk di pinggir Pantai Kuta. Sampah itu terdiri dari kayu ukuran kecil hingga sedang, buah kelapa yang sudah tua, botol minuman bekas, hingga aneka jenis sampah plastik.

Menanggapi sampah kiriman, Kepala Satgas Pantai Kuta, Gusti Agung Tresna, mengakui, kejadian ini merupakan fenomena alam tahunan.

"Ya setiap tahun begitu, karena dampak angin musim barat. Kami sudah berusaha membersihkan sampah setiap hari dengan alat berat dan truk tetapi jumlahnya sangat banyak sehinga kami kewalahan," dalihnya.

Dia menduga, sampah kiriman yang hanyut ke pantai Kuta dari beberapa wilayah Bali barat hingga sampai Wilayah di Jawa Timur (Jatim).
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6244 seconds (0.1#10.140)