Ini debat kandidat 6 balon Rektor Unhas

Selasa, 17 Desember 2013 - 09:37 WIB
Ini debat kandidat 6 balon Rektor Unhas
Ini debat kandidat 6 balon Rektor Unhas
A A A
Sindonews.com - Enam Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) dukung program Unhas Menuju World Class University. Hal tersebut terungkap dalam pemaparan visi dan misi ke-6 Balon Rektor di Baruga Andi Pangeran Pettarani Unhas, Senin (17/12) kemarin.

Dalam pemaparan visi misi yang dipandu Deddy Tikso yang merupakan salah seorang guru Besar Unhas tersebut, menampilkan para Balon Rektor tersebut secara berurutan dengan waktu yang diberikan masing- masing 15 menit.

Kesempatan petama diberikan kepada guru besar Pertanian Unhas Ambo Ala, yang menyebutkan sejumlah visi misinya, diantaranya adalah merajut Unhas berkarakter, bermartabat dengan reputasi internasional. Menurut dia, ada tiga hal yang sangat ditekankan yakni, Renstra Unhas sesuai dengan visi misi kampus, rencana pengembanagan yang intinya kontribusi maritime, sosial politik, ekonomi.

“Rencana strategis menggunakan pendekatan sederhana, dengan melahirkan alumni yang berkarakter dan berkompetensi khusus, termasuk melahirkan research internasional sehingga reputasi internasional akan baik,” ungkap Ambo.

Untuk mendukung itu, dia akan membentuk pusat manajemen publikasi sehingga bisa bersaing secara internasional. Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa akan membuat indikator tetang reputasi internasional. Hal itu dapat dilihat dari jurnal internasional yang diproduksi dan dipublikasi oleh civitas akademika.

Sementara itu, Balon kedua yang memaparkan visi misinya yakni Andi Wardihan Sinrang yang merupakan Wakil Rektor II Unhas menyebutkan langkah awal yang dilakukan yakni membua sebuah transformasi untuk memajukan organisasi. Sehingga dia mengajak seluruh keluarga besar Unhas untuk bersatu jalan inovasi unggul jadi lebih baik.

“Berkaitan dengan Undang-undang, jati diri dan program pengembangan Unhas 2030, untuk meneruskan kesuksesan yang telah kita capai bersama,Unhas harus mandiri, pembelajaran berbasis maritim, meningkatkan kesejahteraan institusi,” ujar dia.

Selain itu, dia juga menekankan bahwa harus menguatkan jaring nasional dan internasional, sehingga jika dirinya terpilih, maka akan diperkuat staf khusus rektor untuk hubungan luar negeri.

Sementara itu, Balon Rektor ke tiga yang merupakan Wakil Rektor IV Dwia Aries Tina Pulubuhu, menyebutkan bahwa, dirinya termotivasi untuk maju semata- mata untuk mengabdi pada almamater, tanggungjawabnya, serta melanjutkan prestasi sebelumnya.

Rencana Pengembangan Unhas 2030, menurut dia adalah menjadikan reputasi internasional dengan mengangkat kemaritiman Indonesia, mengangkat keunikan dan keberagaman kemaritiman Indonesian, serta menjadikan organisasi dan manjemen yang otonom.

“Kurikulum berbasis penelitian, penguatan kapasitas organisasi dan manajemen serta perwujudan eco friendly campus. Dan harus memiliki puslitbang unggulan,” tandas dia.

Sementara itu Irawan Yusuf yang merupakan dekan fakultas Kedokteran tersebut mengatakan akan menjadikan Unhas sebagai universitas yang inovatif, dan melakukan inovasi kurikulum serta strategi pembelajaran. “Universitas yang inovatif tersebut dapat dilihat dari inovasi pada kurikulum, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ungkap dia.

Pada Balon kelima yakni Moch Hatta yang merupakan Kepala Bidang Kedokteran menyebutkan bahwa, sarana dan prasarana yang cukup, namun tidak merata di Fakultas, sehingga kualitas SDM yang sangat fantastis.

“Core (inti) dari ini adalah internasional research oriented, sebagai salah satu langkah memajukan Unhas,” ujar dia.

Sementara itu, kandidat yang terakhir M. Saleh Pallu Unhas Menuju World Class University dengan melakukan pencerdasan dosen dan mahasiswa dan harus memiliki reputasi internasional bagus.

“Saya akan menambah wakil rektor V Bidang luar negeri, untuk world class university,” jelas dia.

Panelis yang dihadirkan yakni Prof Satriyo, dan Dr Bagyo Mulyoharjo yang merupakan pakar pengembangan perguruan tinggi.

Sementara itu, Ketua Panitia Prof Tahir Kasnawi menyebutkan, setelah pemaparan visi misi tersebut, masih ada dua tahap lagi, penjaringan Calon Rektor yang yang masuk tiga besar yang akan digelar hari ini, dan pemilihan rektor akan dilakukan pada 20 Januari 2014.

“Pemilihan juga nanti akan dihadiri Menteri, jumlah anggota senat sebanyak 293 anggota senat yang memiliki hak suara, dan Menteri punya hak suara 35 persen atau sekitar 160, jadi total suara sekira 460 suara yang diperebutkan. Hanya saja, ada beberapa yang akan pension jadi akan kami lakukan perhitungan secara hati- hati,” tandas dia.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2810 seconds (0.1#10.140)