Panwas Karawang kerahkan sejuta relawan awasi pemilu

Minggu, 15 Desember 2013 - 23:39 WIB
Panwas Karawang kerahkan sejuta relawan awasi pemilu
Panwas Karawang kerahkan sejuta relawan awasi pemilu
A A A
Sindonews.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Karawang mengerahkan sejuta relawan dari kalangan mahasiswa dan elemen masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya tahapan pemilu hingga selesai. Gerakan pengawasan masif ini dipandang penting untuk mengantisipasi tingginya potensi pelanggaran yang akan terjadi.

Ketua Panwaslu Karawang Noorkinan mengatakan, dibentuknya relawan pengawas pemilu tersebut salah satunya bertujuan untuk membantu Panwaslu dalam mengadakan pengawasan terhadap semua tahapan Pemilu. Mulai dari penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), distribusi logistik pemilu, hari pencoblosan, hingga perhitungan suara maupun penetapan calon jadi.

“Selain itu untuk meminimalisir pelanggaran kampenye, sebab dalam tahapan kampanye tertutup saja banyak dugaan pelanggaran maka diprediksi ketika kampanye terbuka akan lebih banyak, maka diperlukan relawan untuk membantu tugas kami,” ujarnya.

Dikatakannya, peluncuran pengawasan pencegahan partisipatif satu juta relawan ini juga merupakan tindak lanjut dari program Bawaslu. semua komponen yang menjadi relawan ini memiliki komunitas tersendiri yang diharapkan dapat secara bersama-sama dan bersinergi untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu. “Untuk menciptakan pemilu yang jujur dan adil diperlukan adanya peran aktif seluruh elemen masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Sujana mengatakan, berdasarkan pengalaman pada waktu-waktu yang lalu, pada setiap hajatan demokrasi pemilu selalu ada indikasi terjadinya pelanggaran, kejanggalan dan kecurangan dalam pelaksanaannya. Untuk itu pemerintah sudah membentuk lembaga formal untuk melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu dari tingkat pusat sampai daerah.

“Namun karena berbagai keterbatasan, terutama jumlah aparat pengawas relatif sedikit dibandingkan jumlah TPS, sehingga pengawasan belum sepenuhnya dapat berjalan sesuai yang diharapkan,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, dipandang perlu melibatkan peran serta masyarakat. Khususnya generasi muda, terutama dari kalangan mahasiswa dan pelajar yang sudah memiliki hal pilih diharapkan dapat menjadi sukarelawan yang mampu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8619 seconds (0.1#10.140)