Sertifikasi halal obat-obatan mutlak harus dilakukan

Kamis, 12 Desember 2013 - 15:39 WIB
Sertifikasi halal obat-obatan mutlak harus dilakukan
Sertifikasi halal obat-obatan mutlak harus dilakukan
A A A
Sindonews.com - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Dedy Ismatullah menyatakan, sertifikasi halal untuk obat, mutlak harus dilakukan secepatnya. Itu demi menghindari adanya obat mengandung unsur babi yang dikonsumsi umat Muslim.

"Sertifikasi halal harus cepat, mutlak harus dilakukan," kata Dedy, kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/12/2013).

Persoalan sertifikasi halal untuk obat, menurutnya tidak bisa ditunda-tunda lagi. Dia khawatir obat mengandung unsur babi dikonsumsi umat Muslim. Sebab secara syariat, obat seperti itu diharamkan.

"Sertifikasi halal ini sangat penting untuk menjaga harmonisasi dengan hukum Islam. Kan (umat Muslim) itu perlu produk yang halal," ucapnya.

Pemerintah pun harus segera mengambil sikap dan memberlakukan sertifikasi halal untuk obat. "Pemerintah harus responsif. Ketika menterinya ini kurang respon, maka saya kira yang lebih atas harus merespon ini, karena ini kepentingan umat Islam yang banyak," jelas Dedy.

Dia lalu membandingkan Indonesia dengan Australia, yang lebih dulu memberlakukan sertifikasi halal untuk obat. Padahal di Australia mayoritas penduduknya bukan umat Muslim.

"Sertifikat halal contohnya di Australia, mereka sangat ketat dengan hal itu. Itu penghargaan kepada agama," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5161 seconds (0.1#10.140)