Koleksi benda-benda tua di Gedung Sate

Selasa, 10 Desember 2013 - 04:01 WIB
Koleksi benda-benda tua di Gedung Sate
Koleksi benda-benda tua di Gedung Sate
A A A
Sindonews.com - Selalu ada hal menarik yang ditemui di Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat atau biasa disebut Gedung Sate, salah satunya benda-benda tua koleksi gedung yang didirikan pada 1920 itu.

Meski bangunan peninggalangan Pemerintah Hindia-Belanda itu tetap dijaga keasliannya. Meski begitu, ada sejumlah perbaikan, seperti lantai yang dulunya keramik, kini diganti menjadi marmer.

Barang-barang yang tetap dijaga keasliannya di antaranya terdapat di tanggapintu masuk depan dan dekat aula, seperti batu alam hasil pahatan.

“Kalau batu-batu ini enggak pernah diganti sejak awal," jelas Yanto, petugas Keamanan Dalam (Kamdal) sekaligus tour guide Gedung Sate, Senin (9/12/2013).

Dudukan rolling door berbahan baja di pintu depan juga masih terpasang. Tapi saat ini sudah tidak difungsikan karena pintu masuk diganti dengan kaca.

Melangkah ke bagian aula di sebelah kiri dan kanan, terdapat empat dudukan lampu berukuran besar yang menggantung di rantai besi.

“Dudukan itu terbuat dari kuningan, itu juga enggak pernah diganti. Yang diganti cuma bola lampunya saja,” ungkapnya.

Di pintu masuk depan sebelah kanan, pada salah satu sudutnya, terdapat tempat kunci berbahan baja. Saat ini tempat kunci itu masih dipakai. Namun sudah tidak dikunci lantaran anak kuncinya hilang.

Di dekat tangga menuju ke area basement, terdapat hydrant. “Dari dulu sampai sekarang hydrant ini enggak pernah dipakai,” ucapnya.

Menilik dari sejarah, kata dia, tidak pernah terjadi kebakaran di Gedung Sate sejak pertama dibangun.

"Lalu di lantai II ada alarm yang ada sejak Gedung Sate berdiri. Dulu selalu dibunyikan setiap peringatan 17 Agustus,” tuturnya.

Saat ini, alarm tersebut sudah jarang dipakai. Terakhir, alarm dibunyikan saat peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2013.

Terakhir, bagian Gedung Sate yang dipertahankan keasliannya adalah saluran air di sekitar Gedung Sate. “Sampai sekarang saluran airnya masih berfungsi dengan baik,” pungka
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3125 seconds (0.1#10.140)