Arkeolog luar negeri tak dibayar bahas Gunung Padang

Jum'at, 06 Desember 2013 - 13:57 WIB
Arkeolog luar negeri tak dibayar bahas Gunung Padang
Arkeolog luar negeri tak dibayar bahas Gunung Padang
A A A
Sindonews.com - Situs Gunung Padang ternyata menjadi perhatian sejumlah arkeolog. Tak hanya dalam negeri, arkeolog dari luar negeri pun berdatangan ke Indonesia.

Kedatangan mereka tak lain untuk menghadiri seminar pembahasan situs Gunung Padang yang digelar di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/12/2013). Seminar itu merupakan rangkaian kegiatan Pertemuan Kebudayaan Internasional Gotrasawala.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), mengatakan kegiatan Gotrasawala, terutama seminar tentang Gunung Padang merupakan hal menarik bagi banyak pihak. Sejumlah arkeolog dan sejarawan hadir untuk jadi pembicara dalam seminar.

"Pembicara semua yang di sini sukarela, enggak ada yang dibayar, pembicara dari Amerika, Kanada, Prancis, Belanda," kata Aher ditemui usai membuka Gotrasawala.

Ketertarikan ahli dari luar negeri untuk datang dalam seminar itu tak lain karena Gunung Padang yang jadi magnetnya. "Gunung Padang ini sangat menjadi tantangan bagi keahlian mereka, bagi ilmu-ilmu yang mereka pelajari," jelasnya.

Dalam seminar itu, kehadiran para ahli dari luar negeri diharapkan memberi dampak positif. Mereka diharapkan bisa memberi saran dan masukan terkait Gunung Padang, khususnya soal hasil penelitian. "Gotrasawala ini sangat baik untuk mencari masukan dari pakar-pakar luar negeri tentang Gunung Padang ini," tuturnya.

Selain itu, kehadiran mereka juga diharapkan berdampak pada kecintaan publik pada Gunung Padang. "Tentu hadirnya orang-orang luar negeri ini juga memperkuat perhatian kita kepada Gunung Padang ini," tandas Aher.

Dalam seminar, sejumlah peneliti dalam negeri dihadirkan, salah satunya Dani Hilman dari Tim Riset Mandiri Terpadu. Sementara peneliti dari luar negeri di antaranya Graham Hancock dari Belanda, dan Robert Schoch dari Boston University.

Sementara dalam Gotrasawala, selain seminar, juga digelar pagelaran budaya yang menghadirkan budaya lokal dan luar negeri. Musisi luar negeri yang hadir adalah Ana Alcaide dari Spanyol.

Kegiatan Gotrasawala digelar di dua tempat yaitu Hotel Savoy Homan dan Gedung Merdeka. Pagelaran budaya digelar di Gedung Merdeka, sedangkan seminar digelar di Hotel Savoy Homan.

Baca juga: Situs Gunung Padang bisa mengubah peradaban Indonesia
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7099 seconds (0.1#10.140)