Kecam WTO, aktvis dunia kumpul di Bali

Minggu, 01 Desember 2013 - 19:39 WIB
Kecam WTO, aktvis dunia...
Kecam WTO, aktvis dunia kumpul di Bali
A A A
Sindonews.com - Para aktivis peduli nasib pembelaan nelayan, petani dan Kelompok marjinal lainnya berdatangan ke Bali guna melakukan aksi mengecam kebijakan World Trade Organization yang dinilai tidak adil.

Mereka berjumlah 50 orang mengatasnamakan Youth Food Movement (YFM) datang ke Bali, guna melakukan aksi mengritisi kebijakan WTO yang tidak berpihak pada lingkungan dan ketahanan pangan dunia.

“Kami sengaja ke Bali ini guna mengabarkan tentang kebijakan pangan yang dilakukan oleh WTO memang tidak adil," ujar Koordinator YFM Saiful Munir, dalam keterangan resminya di Denpasar, Minggu (1/12/2013).

Kebijakan dunia itu sangat berpengaruh langsung terhadap sektor pertanian, buruh, dan pelajar maupun mahasiswa.

Mereka menggelar kegiatan yang bertajuk "Bali Week Action" menyambut dan mengkritisi kegiatan organisasi perdagangan dunia yang menggelar Konferensi Tingkat Menteri (KTM-9) di Nusa Dua Bali.mulai Selasa 3 November 2013.

Begitu tiba di Denpasar, disambut alunan musik berjudul Rakyat Bersatau Tak Bisa Dikalahkan, yang dikemas dalam lima bahasa, Indonesia, Thailand, Filipina, Spanyol dan Inggris.

"Kelima bahasa itu menyimbolkan bahwa acara Bali Week Action ini memang memiliki prinsip solidaritas internasional untuk mengakhiri WTO,” kata Muhammad Ikhwan, anggota tim media center Bali Week Of Action.

Kedatanga mereka ke Bali setelah melewati road show –nya di beberapa Kabupaten dan Kota di wilayah Jawa guna melakukan aksi –aksi kreatif yang mengkritisi kebijakan WTO. organisasi perdagangan dunia yang akan melangsungkan Konferensi Tingkat Menteri (KTM-9) di Nusa Dua Bali.

kata Ikhwan, Bali Week Action diseleggarakan di Denpasar adalah pekan aksi dari gerakan masyarakat sipil seluruh dunia yang ingin mengakhiri segala praktik ketidak adilan perdagangan dan ekonomi dunia selama ini.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0873 seconds (0.1#10.140)