Pemkot Solo kuak misteri bungker di balai kota

Senin, 11 November 2013 - 15:41 WIB
Pemkot Solo kuak misteri bungker di balai kota
Pemkot Solo kuak misteri bungker di balai kota
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berupaya menguak misteri bungker yang ditemukan di kompleks Balai Kota Solo. Saat ini, pemkot terus melakukan menggalian terhadap bungker itu meski sempat terhenti selama setahun.

Dari pantuan di lokasi, ada sekat pemisah di dalam bungker itu. Begitu menuruni anak tangga bungker maka akan melihat lorong berbentuk huruf Y yang diduga merupakan tembok pemisah. Kemungkinan sekat itu jalur keluar masuk dari arah yang berbeda.

Namun, dari penggalian itu baru satu jalur yang bisa dilalui, sedangkan jalur lainnnya masih terdapat gundukan tanah. Selain terdapat gundukan lumpur, dalam bungker terdapat genangan air setinggi mata kaki orang dewasa yang belum seluruhnya disedot.

Jika masuk dalam bungker itu harus hati-hati jika tidak maka mudah terpeleset karena kondisi sangat licin.

Dalam bungker itu masih menyimpan misteri lainnya. Ada satu lorong yang belum digali hingga kini.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, besar kemungkinan lorong tersebut merupakan jalan penghubung menuju benteng Vastenburg serta lorong menuju ke sebuah kawasan yang dekat dengan Pura Mangkunegaran. Saat ini kawasan dekat Pura Mangkunegaran telah dibangun sebuah hotel.

"Mungkin bungker ini merupakan jalan penghubung dari lokasi balai kota yang dulunya residen menuju Benteng Vastenburg serta ke dekat Pura Mangkunegaran yang sekarang berdiri Hotel Kusuma Sahid," tutur Rudy, Senin (11/11/2013).

Sementara itu Kepala Bidang Pelestarian Cagar Budaya DTRK Solo, Mufti Raharjo mengaku belum mau terburu-buru menyimpulkan bungker itu. Pasalnya saat ini masih dilakukan penggalian dan kajian mendalam.

Melihat dari tampilan fisiknya, bungker itu memang sengaja dibangun untuk perlindungan manusia.

"Secara umum bungker ini dibangun sepertinya untuk perlindungan terakhir atau untuk penyelamatan evakuasi. Analisa ini bisa dilihat dari struktur bangunan yang cukup kuat. Sehingga kemungkinan bungker ini dibangun untuk penyelamatan warga Belanda dari serangan para pejuang," papar Mufti Raharjo.

Menurut Mufti, agar analisa bungker ini cepat terungkap, rencananya dari TNI akan terjun langsung untuk menganalisa kegunaan bangunan bungker itu.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8259 seconds (0.1#10.140)