Aher minta KPU Jabar gencar sosialisasi pemilu

Senin, 11 November 2013 - 10:02 WIB
Aher minta KPU Jabar...
Aher minta KPU Jabar gencar sosialisasi pemilu
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), meminta KPU Jawa Barat (Jabar) gencar melakukan sosialisasi Pemilu 2014. Hal itu dilatarbelakangi partisipasi pemilih yang terus menurun dari waktu ke waktu.

"Ada kecenderungan masyarakat kita ini menurun perhatiannya (terhadap pemilu), terbukti angka partisipasi makin menurun kan?" kata Aher, Senin (11/11/2013).

Menurutnya, partisipasi pemilih tidak bisa ditebak karena baru diketahui setelah pelaksanaan pemilu. Untuk itu, sosialisasi perlu dilakukan secara gencar dan masif.

"Saya kira KPU Jawa Barat perlu ada target minimal (partisipasi pemilih) dari tahun-tahun sebelumnya atau kalau bisa lebih tinggi lagi. Disinilah pentingnya sosialisasi," ucapnya.

Disinggung penyebab menurunnya partisipasi pemilih, Aher ogah menanggapinya. "Kalau itu biar para pakar saja ya yang ngomong," cetusnya.

Tapi secara umum, ia berharap partisipasi pemilih di Jawa Barat meningkat pada Pemilu 2014 nanti. "Saya ingin masyarakat Jawa Barat menggunakan hak pilih dengan baik," tuturnya.

Untuk sosialisasi, Aher memberi penekanan khusus pada pemilih pemula. Sebab suara mereka cukup besar dan bisa menentukan hasil pemilu nanti.

Anggota KPU Jawa Barat, Ferdiman, mengatakan sosialisasi menurutnya sudah dilakukan secara gencar. "Saya kira kalau sosialisasi sudah cukup besar dimana-mana karena ini hajat nasional. Sepertinya tidak ada orang yang tidak tahu (pemilu dilaksanakan) 9 April," ujarnya.

Meski begitu, sosialisasi akan terus dilakukan. Selain itu, KPU Jawa Barat akan fokus pada peningkatan kualitas pemilu mulai dari kualitas, data, teknis, hingga SDM.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0767 seconds (0.1#10.140)