Pengungsi Syiah Sampang direlokasi ke asrama haji

loading...
Pengungsi Syiah Sampang direlokasi ke asrama haji
Pengungsi Syiah Sampang direlokasi ke asrama haji
Sindonews.com - Sebanyak 167 pengungsi Syiah Sampang akan direlokasi ke Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, tanpa tujuan yang jelas. Saat ini, setidaknya dua bus sudah disiagakan di lokasi penampungan, di Rusun Jemundo, Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo.

"Proses pemindahan ke Asrama Haji Sukolilo ini atas instruksi dari Kementrian Agama. Saat ini sudah ada dua bus yang siaga dan sejumlah personel kepolisian," kata Juru Bicara Ahlul Bait Indonesia (ABI) Jawa Timur Ali Ridho, saat dihubungi wartawan, Minggu (10/11/2013).

Proses relokasi pengungsi ini, juga melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur. Menurutnya, proses relokasi ini boleh dibilang mendadak tanpa pemberitahuan. Tak hanya itu, pihak Kemenag juga belum ada pembicaraan.

"Tujuaannya apa tidak jelas direlokasi ini. Kalau ada pembicaraaan terlebih dahulu tidak apa-apa. Lha ini tiba-tiba dipindahkan," katanya.



Bahkan, saat proses pemindahan ini lokasi penampungan pengungsi dijaga ketat. Para pendamping Pengungsi Syiah baik dari ABI, KontraS dan NGO lainnya tidak bisa masuk.

"Kita enggak boleh masuk. Saya juga belum tahu alasannya dipindahkan," kata Ali seraya menyebut ada sekitar 50 anggota polisi yang disiagakan di tempat tersebut.

Sementara itu, Iklil salah satu pengungsi Syiah Sampang belum bisa memberikan penjelasan. Ketika wartawan menghubungi nomer ponselnya, belum ada jawaban meski sudah terdengar nada sambung.
(san)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top