Ketua Ansor baru harus lebih energik

Selasa, 05 November 2013 - 11:19 WIB
Ketua Ansor baru harus lebih energik
Ketua Ansor baru harus lebih energik
A A A
Sindonews.com - Siapapun yang terpilih saat Konferensi Wilayah (Konferwil) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur, harus berpikiran layaknya anak muda Nahdhotul Ulama (NU). Terlebih, Ansor adalah wadah anak-anak muda yang harus diberikan ruang luas, tanpa harus terikat kepada partai politik.

"Figur Ketua Ansor Jatim kedepan harus berpikir luas. netral dan independent. Dengan demikian, baru bisa melakukan tugas-tugas kepemudaan yang diusung oleh Ansor," kata Akwan Syuriah, Pengurus Wilayah Nahdhotul Ulama (PWNU) Jawa Timur Musyafak Noer, kepada wartawan, Senin (4/11/2013).

Menurut Ketua DPW PPP Jawa Timur ini, Ansor harus diberikan ruang luas untuk beraktualisasi diri, dalam koridor ideologi Ahlussunnah wal Jamaah yang dipegang oleh NU. Ansor tidak boleh dibawa kemana-mana dalam berpolitik. Sikap independent dan netral, harus tegas dalam setiap mengambil kebijakkan berpolitik.

"Ansor punya jati diri. Ansor sebagai pengawal NU. Jangan dibawa kemana-mana. Harapan saya, Ketua Ansor yang baru harus berpikir layaknya anak muda NU, tidak berada di bawah, tapi sebagai mitra," jelasnya.

Selama ini, lanjutnya, di kepemimpinan Alfa Isnaini (Ketua PW GP Ansor Jatim), Ansor terkesan biasa-biasa saja dan lebih dinamis. Bahkan, Ansor saat ini lebih bisa mengatur jarak dengan partai politik.

"Pengamatan saya dari jauh, Ansor saat ini terkesan biasa-biasa saja. Ke depan harus bisa lebih energik sebagai anak muda NU," jelasnya.

Dia juga berharap, agar Ansor Jawa Timur tidak hanya cukup menjadi subyek saja. "Ansor harus punya jati diri pemuda NU. Sikap netral dan independent terkait politik. Sikap yang jelas, jangan sampai menjadi subyek saja. Termasuk dalam berhubungan dengan lintas agama," tukasnya.

Konferensi Wilayah (Konferwil) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur dipastikan digelar pada tanggal 13-15 Desember 2013 di Ponpes Sunan Drajat, Paciran, Lamongan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9315 seconds (0.1#10.140)