Perayaan Tahun Baru Islam di Kendal berlangsung meriah

Senin, 04 November 2013 - 19:55 WIB
Perayaan Tahun Baru Islam di Kendal berlangsung meriah
Perayaan Tahun Baru Islam di Kendal berlangsung meriah
A A A
Sindonews.com - Keberanekaragaman budaya bukanlah menjadi halangan menuju tahun baru. Seperti peringatan Tahun Baru Islam 1435 Hijriah, di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah (Jateng), Senin (4/11/2013) sore.

Warga keturunan Tionghoa nampak bersemangat menyemarakkan Pawai Taaruf dengan menampilkan atraksi kesenian Barongsay dan Liong.

Mereka seakan menyatu dan membaur menjadi satu dengan budaya Islam tanpa ada persinggungan. Tak pelak, ribuan warga Kendal pun terpesona dengan kemahiran para pelakon kesenian tersebut.

"Bagi kami tampil di peringatan agama lain bukan menjadi penghalang untuk saling menghormati. Kami menghargai semangat mereka untuk menjalani kehidupan yang baru di tahun yang baru. Maka itu kami bersukarela di momen penting masyarakat Islam," jelas Pimpinan Sasana Satya Budi Dharma, Herdian.

Sementara itu, Pawai Taaruf yang digelar sendiri dimaksudkan untuk menggiatkan dan memberikan kesadaran bagi umat muslim betapa pentingnya permulaan tahun baru Islam ini.

"Jadi jangan hanya perayaan tahun baru masehi saja yang dirayakan, ini sama pentingnya. Ini kita gelorakan agar memantik kesadaran umat Islam bahwa awal tahun ini merupakan bentuk hijrah ke kehidupan yang lebih baik lagi seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW," jelas Panitia Pawai Taaruf, Ali Ridho.

Pawai Taaruf ini sendiri diikuti berbagai sekolah Islam di Kaliwungu, Kendal, dan sejumlah pondok pesantren. Kesenian rebana dan marching band dari alat bekas, dan tong sampah turut menyemarakkan pawai ini.

Berdasarkan pantauan, ribuan warga memadati jalur Pantura Kaliwungu untuk melihat aksi dan kesenian Islam serta pertunjukan Barongsay serta Liong.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7152 seconds (0.1#10.140)