Tak sedikit kemeja Amerika buatan Kopo Bandung

Jum'at, 01 November 2013 - 12:22 WIB
Tak sedikit kemeja Amerika buatan Kopo Bandung
Tak sedikit kemeja Amerika buatan Kopo Bandung
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), mengingatkan pentingnya mencintai produk lokal. Apalagi produk lokal juga tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri.

Bahkan banyak produk asal Indonesia, khususnya Jawa Barat, yang diekspor ke luar negeri. Tapi produk-produk itu tidak diberi label atau merk asal Indonesia.

Setelah tiba di negara pemesan, produk-produk itu diberi merk asal Amerika atau Eropa. Anehnya, produk itu dibeli orang Indonesia ketika jalan-jalan ke luar negeri dan membanggakan produk yang dibelinya karena dibeli di luar negeri.

"Di Eropa yang dikenal merk Eropa atau Amerika, padahal banyak produknya buatan kita," kata Aher di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/11/2013).

Ia lalu mencontohkan produk dari Metro Garmin di Kabupaten Bandung, yang 99 persen tekstil hasil produksinya diekspor ke luar negeri. Tapi produk yang dikirim itu polos alias tidak diberi merk.

Brand di luar negeri lalu menempelkan merk mereka pada barang produksi Indonesia itu.

"Jadi hati-hati kalau beli kemeja di Amerika, jangan-jangan dibikinnya di Jalan Kopo tapi diberi merk luar," imbau Aher.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2161 seconds (0.1#10.140)