Quadcopter karya santri Ponpes Assalam

Kamis, 31 Oktober 2013 - 11:07 WIB
Quadcopter karya santri Ponpes Assalam
Quadcopter karya santri Ponpes Assalam
A A A
Sindonews.com - Belajar di pondok pesantren (ponpes) bukan berarti hanya mendapat materi pelajaran agama saja dan tak bisa berkreativitas.

Sebab, di ponpes modern Islam Assalam Sukoharjo Jawa Tengah ini, dua orang santri mampu membuat Quadcopter.

Alat ini bisa digunakan untuk memotret dari udara dan bisa dikembangkan untuk memantau arus lalu lintas.

Quadcopter itu merupakan hasil karya Indra Setiawan dan Bahru Hidayat siswa kelas tiga SMA.

Menurut Indra, dirinya telah berinovasi dengan menambah pesawat itu dengan kamera yang dapat menangkap gambar atau video dari ketinggian tertentu.

"Dengan mengandalkan sambungan wireless semua perangkat yang ada di pesawat dilengkapi empat baling-baling sehingga bisa terbang dengan ketinggian lebih dari 200 meter yang dioperasikan dengan remote control," ujar Indra, Kamis (31/10/2013).

Indra dan Bahru memang bercita-cita menjadi pilot, tapi kerana sudah tak sabar ingin segera mengendalikan pesawat akhirnya mereka membuat pesawat sendiri. Sedangkan peralatannya dibeli dari luar negeri dengan cara online.

Sementara pihak ponpes menyambut baik kreatifitas mereka. Ponpes memberikan dukungan berupa fasilitas tempat dan juga memfasilitasi keduanya dapat keluar dari ponpes untuk mencari barang-barang yang mereka butuhkan.

Pembimbing Ustad Sugeng Riyadi mengatakan, saat ini mereka terus menyempurnakan pesawat yang akan digunakan untuk memantau arus lalu lintas.

"Ke depan alat itu dapat memudahkan para santri untuk patroli keliling ponpes dan memantau keamanan," tutur Sugeng.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3004 seconds (0.1#10.140)