Orang miskin di Jawa Tengah capai 4,733 juta jiwa

Kamis, 31 Oktober 2013 - 01:42 WIB
Orang miskin di Jawa Tengah capai 4,733 juta jiwa
Orang miskin di Jawa Tengah capai 4,733 juta jiwa
A A A
Sindonews.com - Angka kemiskinan dan pengangguran di Jawa Tengah, masih cukup tinggi. Dari sekitar 32 juta penduduk yang tercatat sampai Maret 2013, jumlah angka kemiskinan di kawasan ini mencapai sekira 14,56 persen, atau 4,733 juta jiwa.

Angka ini, memang mengalami penurunan dibandingkan tahun 2012, tetapi masih tetap memprihatinkan, dan membutuhkan berbagai upaya untuk terus mengentaskannya.

"Kabar baiknya, jika dibandingkan dengan angka kemiskinan secara nasional, Jateng masih lebih kecil," ujar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghibur diri, saat penutupan TMMD Reguler ke-91, dan Sengkuyung tahap II di wilayah Kodam IV Diponegoro, di Desa Binangun, Kecamatan Bantarsari, Rabu (30/10/2013).

Dalam sambutannya, seperti dibacakan Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji, wilayah Jateng memiliki berbagai potensi, dengan jumlah yang melimpah terutama sumber daya alam.

“Potensi tersebut bisa dioptimalkan pemanfaatannya untuk mengurangi angka kemiskinan. Apalagi pada tahun 2015 mendatang masyarakat ekonomi ASEAN akan diberlakukan,” terang Gubernur.

Konsekuensinya adalah, akan semakin banyak produk impor dan tenaga kerja asing yang masuk ke Jawa tengah. Untuk itu, program TMMD tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi kemiskinan. Artinya, menjadi program stimulan yang sekaligus sebagai daya ungkit dalam perwujudan masyarakat Jateng yang sejahtera dan berdikari.

Selanjutnya, terhadap berbagai pembangunan fisik agar dapat dipelihara agar berdaya guna bagi masyarakat. Begitu pula peran dan kerjasama sinergis antarstakeholder agar dioptimalkan, karena menjadi kuncul keberhasilan pembangunan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2941 seconds (0.1#10.140)