Makassar jadi incaran tenaga kerja asing

Rabu, 30 Oktober 2013 - 01:33 WIB
Makassar jadi incaran tenaga kerja asing
Makassar jadi incaran tenaga kerja asing
A A A
Sindonews.com - Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar akan memperketat pengawasan arus masuk orang asing di Sulawesi Selatan, termasuk tenaga kerja asing (TKA) yang akan mengisi sektor industri di daerah ini.

Kepala kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar Tegas Hartawan mengatakan, Makassar merupakan daerah yang berkembang, baik dari pembangunan kota, maupun industri. Sehingga, daerah ini akan terus didatangi oleh investor asing dan juga pekerja asing dari berbagai negara di dunia.

"Pengawasan ini dilakukan karena banyaknya warga negara asing yang masuk. Untuk itu, setiap mobilitas para pekerja asing akan dioptimalkan pengawasnya," ujar Tegas, di Hotel Sahid, Selasa (29/10/2013).

Ditambahkan dia, untuk pekerja asing, harus dilengkapi dengan kartu izin tinggal terbatas (Kitas) yang bisa diperpanjang paling lama sampai enam tahun. Sementara WNA yang menggunakan visa sebagai turis, atau tengah dalam kunjungan bisnis, masa berlaku izin tinggalnya paling lama dua bulan.

“Kami intens melakukan pengawasan sejak dari bandara dan pelabuhan, sampai pengecekan rutin di lapangan untuk mengetahui kelengkapan administrasi mereka,” sambungnya.

Saat ini, jumlah TKA di Sulsel mencapai 300 orang yang didominasi pekerja dari Malaysia. Kemudian disusul pekerja asal Cina, Jepang, serta campuran Eropa-Amerika.

Sementara itu, Kepala Seksi Status keimigrasian Putra menambahkan, sudah ada dua TKA yang dipulangkan kenegaranya masing-masing. Mereka sudah melanggar batas masa tinggal. “Yang jelas, kalau melanggar ya ditindak,” ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5473 seconds (0.1#10.140)