Sosialisasi Pemilu 2014 sasar pemilih pemula

Selasa, 29 Oktober 2013 - 03:07 WIB
Sosialisasi Pemilu 2014 sasar pemilih pemula
Sosialisasi Pemilu 2014 sasar pemilih pemula
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja menggelar sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 kepada pemilih pemula di Pantan Toraja Hotel. Sosialisasi dikuti sekitar 70 siswa dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi.

Divisi Sosialisasi, Pengembangan SDM, dan logistik KPU Tana Toraja Elis Mangesa mengatakan, KPU ingin mengajak pemilih pemula berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden 2014 mendatang.

“Melalui sosialisasi ini, pemilih pemula mendapat informasi dan pengetahuan tentang pemilu. Mereka juga diberi pemahaman bahwa golput atau tidak menggunakan hak pilih bukanlah sebuah pilihan,” ujarnya, kepada wartawan, Senin (28/10/2013).

Komisioner KPU Tana Toraja ini berharap, pelajar yang ikut sosialisasi bisa menularkan pengetahuannya kepada teman-teman, maupun orang di sekitarnya untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2014.

Sosialisasi lanjutan pemilih pemula, akan dilakukan di sekolah maupun kampus, sehingga siswa dan mahasiswa yang punya hak pilih tidak memilih golput, melainkan menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2014.

“Kami berharap, partisipasi pemilih pemula di pemilu 2014 dapat menurunkan angka golput pada Pemilu 2014," terangnya.

Dalam sosialisasi itu, KPU Tana Toraja menghadirkan mantan Ketua KPU Sulawesi Selatan Jayadi Nas, dan Sekretaris Wilayah Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah Sulsel Marselina, sebagai pembicara.

Dalam pemaparannya, Jayadi mengatakan, pemilu bukan sekedar memilih pemimpin maupun wakil rakyat, melainkan sarana pendidikan politik kepada rakyat.

Dalam memilih pemimpin dan wakil rakyat, pemilih harus mengetahui visi dan misi, serta tujuan seorang calon pemimpin dan wakil rakyat maju di Pemilu 2014. Pemilih juga harus mengetahui track record calon pemimpin atau wakil rakyat yang akan dipilihnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5903 seconds (0.1#10.140)