Kepulangan jemaah haji kloter 1 Jabar molor 2 jam

Selasa, 22 Oktober 2013 - 19:07 WIB
Kepulangan jemaah haji kloter 1 Jabar molor 2 jam
Kepulangan jemaah haji kloter 1 Jabar molor 2 jam
A A A
Sindonews.com - Kedatangan jamaah haji kloter pertama Jawa Barat, mengalami delay selama dua jam penerbangan dari Mekah. Kendati begitu, seluruh peserta haji asal Karawang itu tiba dengan selamat sampai tujuan.

Koordinator Keamanan Sahara H. Moh Azizi mengatakan, kedatangan jamaah haji berdasarkan jadwal pukul 17.35 WIB. Namun karena delay, pesawat Saudi Airlines yang ditumpangi jemaah datang tidak tepat waktu. "Kendalanya di pesawat mengalami delay selama dua jam," ujar Moh Azizi, kepada wartawan, Selasa (22/10/2013).

Dikatakan, setelah mengalami delay dua jam, para jemaah tiba di bandara Halim pukul 18.00 WIB. Kemudian, langsung dikumpulkan di asrama haji Bekasi untuk dilakukan pemeriksaan dokumen selama dua jam. "Jadi sekarang setelah tiba di Karawang mereka dapat langsung pulang," terangnya.

Namun begitu, dari seluruh jemaah haji yang berjumlah 448 orang tersebut datang dengan selamat. Bahkan ada dari keseluruhan jemaah yang tanajul (Mutasi). "Keseluruhan 449, karena ada satu orang tanajul dari kloter 19 pindah ke kloter 2 yang saat ini tiba," katanya.

Dikatakan, perpindahan satu orang tersebut karena ada kepentingan keluarga. "Namanya siapa saya kurang hafal, tapi yang pasti umurnya belum tua," jelasnya.

Sementara itu, Haji Karman (51), jemaah asal Karawang sangat bersyukur perjalanan hajinya dapat berjalan dengan lancar. Dikatakan tak ada kendala selama melakukan ibadah haji. "Alhamdulilah semua lancar, saya juga bahagia bisa bertemu dengan keluarga saya saat ini," ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Sebelumnya, para keluarga jemaah menunggu kedatangan para jemaah dari pukul 15.00 WIB, di depan gerbang Pemkab Karawang. Ratusan keluarga yang hendak menjemput keluarganya pada kloter 2 tersebut tumplek di dalam Pemkab Karawang.

Ketika 10 bus yang memuat jamaah haji kloter 2 tiba di Pemkab pukul 20.55 WIB, para keluarga yang menjemput langsung berbondong-bondong mengikuti bus. Mereka tampak berdempetan, bahkan saling dorong ketika pintu bus mulai dibuka.

Petugas Satpol PP dan kepolisian berjaga agar semua keluarga dapat tertib untuk menyambut para jemaah, bahkan petugas Satpol PP sempat berteriak kesal kepada para keluarga yang menjemput, karena tidak besabar dan cenderung saling dorong.

Namun begitu, petugas meminta keluarga jemaah untuk memberikan ruang bagi jemaah haji untuk turun dari bus. Sementara itu, imbauan untuk berhati-hati sering dilontarkan petugas Departemen Agama lewat pengeras suara.

Berdasarkan jadwal, kedatangan jemaah haji kloter selanjutnya yaitu kloter 19 akan tiba di Karawang pada Rabu 23 Oktober 2013 pukul 07.00 WIB.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6434 seconds (0.1#10.140)