Toriqot Nahsabandiyah rayakan Idul Adha hari ini

Rabu, 16 Oktober 2013 - 09:13 WIB
Toriqot Nahsabandiyah rayakan Idul Adha hari ini
Toriqot Nahsabandiyah rayakan Idul Adha hari ini
A A A
Sindonews.com - Berbeda dengan jutaan umat Muslim lainnya, ribuan jemaah Toriqot Nahsabandiyah Kholidiyah Al-aliyah di Jombang, Jawa Timur, baru menggelar salat Idul Adha, pada Rabu 16 Oktober 2013 pagi.

Pimpinan Toriqot mengaku sengaja menggelar salat Hari Raya Idul Adha hari ini, karena berdasarkan rukyah yang sudah mereka lakukan tidak melihat bulan.

Ribuan jemaah ini menggelar salat Idul Adha, di masjid Desa Dukuh Klopo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang. Banyaknya jemaah yang datang membuat masjid tak mampu menampung mereka secara keseluruhan sehingga sebagian diantaranya terpaksa menempati halaman masjid dan menumpang di teras-teras rumah warga.

Usai salat hari raya, warga meluapkan suka cita dengan menabuh bedug dan menyalakan petasan di halaman masjid. Tidak hanya itu saja, mereka juga membawa nasi berkat dan menggelar acara selamatan di serambi masjid.

KH Nasuha Anwar pimpinan Toriqot Nahsabandiyah Kholidiyah Al-aliyah mengaku, sengaja menggelar salat Hari Raya Idul Adha hari ini, karena berdasarkan rukyah yang mereka lakukan beberapa hari lalu, tim yang mereka tunjuk di beberapa daerah tidak melihat hilal.

Atas dasar tersebut, Pimpinan Toriqot memutuskan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Rabu. Meski berbeda, KH Nasuha Anwar meminta seluruh umat Muslim saling menghormati perbedaan ini.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7850 seconds (0.1#10.140)