Gelar Grebeg Besar kerabat Keraton Solo patungan

Senin, 14 Oktober 2013 - 20:48 WIB
Gelar Grebeg Besar kerabat Keraton Solo patungan
Gelar Grebeg Besar kerabat Keraton Solo patungan
A A A
Sindonews.com - Pihak Keraton Kasunanan Surakarta akan menggelar Hajat Dalem Grebeg Besar, yang akan diselenggarakan besok.

Meskipun tidak mendapat bantuan dana dari pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Solo lagi, tradisi itu tetap diselenggarakan dengan cara sederhana.

Saat ini persiapan untuk setahun sekali itu sedang berlangsung. Para abdi dalem sedang sibuk mempersiapkan sepasang Gunungan Jaler dan Gunung Estri dan beberapa gunungan anakan yang akan dikirab nanti.

Pangeran Haryo (GPH) Suryo Wicaksono mengatakan, kalangan sentana ( keturunan) Keraton Surakarta siap untuk berpartisipasi nyengkuyung (membantu) prosesi Grebeg Besar besok.

"Meski tanpa ada bantuan dana dari pihak Pemkot Solo, setahu saya akan dihandel oleh sumbangan sentana dan para kerabat keraton serta masyarakat juga simpatisan yang perduli budaya akan urunan secara kolektif," jelasnya, Senin (14/10/2013).

Sebenarnya konflik Keraton SOlo belum reda, tapi demikian pihaknya sudah sepakat untuk menggelar acara itu bersama-sama.

Hal tersebut diwujudkan dengan bersedianya Sinuhun Pakubuono XIII beserta Maha Patihnya Tedjowulan untuk menghadiri dan memimpin acara Hajat Dalem Grebeg Besar itu .

"Sejauh ini belum ada perubahan rencana, bahwa Sinuhun PB XIII dan Maha Mentri Tedjowulan akan bersama-sama memimpin acara ini dan pihak Pemkot akan mengawalnya," pungkasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7987 seconds (0.1#10.140)