Amankan Idul Adha, 2.260 polisi Surabaya diterjunkan

Senin, 14 Oktober 2013 - 10:37 WIB
Amankan Idul Adha, 2.260 polisi Surabaya diterjunkan
Amankan Idul Adha, 2.260 polisi Surabaya diterjunkan
A A A
Sindonews.com - Polrestabes Surabaya menerjunkan 2.260 personelnya untuk melakukan pengamanan Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah. Korps berseragam coklat ini disiagakan untuk mengamankan takbir keliling, salat Idul Adha, hingga pembagian daging kurban.

Kepala Bagian Operasi (Kabaops) Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran mengatakan, sejumlah pengamanan itu adalah bentuk antisipasi dari segala kemungkinan.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, di malam perayaan Idul Adha selalu ada perayaan takbir keliling oleh masyarakat. Bahkan, takbir keliling itu juga disertai dengan konvoi warga. Takbir keliling dengan cara konvoi juga menjadi perhatian aparat kepolisian.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan takbir di masjid saja," kata Mantan Wakasat Narkoba ini, kepada wartawan, Senin (14/10/2013).

Dia juga menjelaskan, sejumlah titik yang menjadi lokasi pengamanan kepolisian. Lokasi tersebut mulai dari lokasi takbiran, lokasi salat Idul Adha, hingga lokasi penyembelihan hewan kurban yang berkapasitas banyak.

"Untuk tempat takbir ada 278 titik, salat Idul Adha ada 340 titik. Kemudian untuk penyembelihan hewan kurban itu ada 240 titik," jelasnya.

Dengan pengamanan ini diharapkan, perayaan malam takbiran, salat Idul Adha, hingga prosesi penyembelihan dan pembagian daging kurban berjalan dengan lancar dan aman.

Seperti diketahui, Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah jatuh pada 15 Oktober 2013. Untuk wilayah Surabaya, pelaksanaan salat Idul Adha akan dipusatkan di Masjid Akbar Surabaya. Rencananya, Gubenur dan Wakil Gubernur akan melakukan salat dan mengikuti prosesi penyembelihan hewan kurban di sini.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9174 seconds (0.1#10.140)