Caleg Partai Nasdem tertangkap basah hisap sabu

Rabu, 09 Oktober 2013 - 02:31 WIB
Caleg Partai Nasdem...
Caleg Partai Nasdem tertangkap basah hisap sabu
A A A
Sindonews.com - Direktorat Narkoba Polda Sulselbar mengamankan calon legislatif (Caleg) DPR RI asal Sulsel dari Partai Nasdem Zachbidin Jis Habie (42). Pria yang akrab disapa Didi ini diamankan di sebuah kantor notaris di Komp PAM Makassar, Jalan DR Ratulangi, No.12, Kecamatan Ujung Pandang, sekira pukul 16.00 Wita.

Saat digerebek, petugas menemukan yang bersangkutan tengah menggunakan narkoba jenis sabu-sabu di dalam ruangan kerjanya. Dari hasil penggeledahan, ditemukan satu paket sabu siap pakai, alat isap narkoba, dan beberapa ponsel.

"Caleg ini kita amankan di dalam ruang kerjanya, di sebuah rumah sekaligus kantornya. Kita sita paket sabu-sabu dan alat isap," kata Direktur Direktorat Narkoba Polda Kombes Pol Aziz Djamaluddin, kepada wartawan, Selasa (8/10/2013).

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, penangkapan Zachbidin ini bermula saat petugas mendapatkan informasi adanya transaksi sabu-sabu di sekitar Komp Perusahaan Air Minum (PAM) Makassar.

Untuk memastikan informasi tersebut, petugas Direktorat Narkoba Polda pun menurunkan beberapa tim untuk melacak beberapa orang yang dicurigai tersebut. Dari hasil pengembangan yang dilakukan pagi tadi, sekira pukul 16.00 Wita, penyidik melakukan penggerebekan di sebuah kantor notaris.

Awalnya, Zachbidin mengelak tuduhan petugas. Namun setelah digeledah, dia tak dapat berkutik setelah petugas menemukan paket sabu-sabu beserta alat isap di dalam ruangannya. Penangkapan Zachbidin ini masih terus dilakukan pengembangan oleh anggotanya hingga malam ini.

"Sekarang anggota masih di lapangan mengembangkan kasus ini. Utamanya untuk mengejar penyuplai sabu-sabu tersebut," ujar mantan Wadir Ditreskrim Polda Sulselbar ini.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kombes Pol Endi Sutendi mengatakan, Zachbidin digelandang ke Mapolda sekitar pukul 17.00 Wita sore kemarin. Caleg DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sulsel 1 ini hingga malam tadi masih menjalani pemeriksaan intensif penyidik Direktorat Narkoba di lantai tiga Mapolda.

"Belum kita ketahui statusnya, apakah hanya sekadar pemakai atau pengedar narkoba. Semuanya masih diselidiki oleh petugas," beber Endi.

Sementara itu, beberapa penghuni rumah yang juga kantor notaris di Komp PAM, enggan berkomentar mengenai penangkapan Zachbidin. Bahkan, mereka terkesan menutup-tutupi penggerebekan yang dilakukan polisi sekitar pukul 16.00 Wita itu.

"Pak Didi sedang keluar, ada urusan mendadak," kata salah seorang pemuda yang memakai kaos Partai Nasdem tersebut.

Lokasi penangkapan terhadap Zachbidin ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari rumah dinas Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar Agar Jaya. Salah seorang warga yang ditemui di sekitar TKP mengatakan, rumah tersebut merupakan milik kakak kandung Zachbidin.

Sedangkan ruangan di sebelahnya digunakan sebagai kantor yang bersangkutan, baik untuk urusan partai maupun pekerjannya di bidang konstruksi. "Pak Didi hampir setiap hari di sini. Tetapi rumah beliau itu sebenarnya di Jalan Veteran," ujar pemuda yang enggan menyebutkan identitasnya.

Dari profilnya sebagai caleg DPR RI, sebelum bergabung dengan Nasdem, Zachbidin diketahui pernah menjabat sebagai Ketua DPC Gerindra Makassar. Dia juga dikenal sebagai Direktur Utama PT Jis Cipta Sarana.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)