Wabah antraks serang ternak sapi Maros

Selasa, 01 Oktober 2013 - 18:40 WIB
Wabah antraks serang ternak sapi Maros
Wabah antraks serang ternak sapi Maros
A A A
Sindonews.com - Tim penyelidik dari Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), saat ini sedang melakukan pengkajian serangan wabah bakteri antraks yang menyerang ternak hewan di sejumlah dusun dan satu kecamatan di Kabupaten Maros.

Dua kecamatan itu adalah Tompobulu dan Marusu. Kabupaten Maros, saat ini dinyatakan positif terjangkit wabah bakteri antraks di beberapa ternak pemilik sapi.

Wabah antraks sendiri diketahui telah terjadi sekira sebulan lalu. Hal itu menyusul setelah sebelumnya, wabah antraks menyerang tiga dusun, yakni Dusun Tombolo, Dusun Bonto Manurung, dan Dusun Pucak.

Dua warga dilaporkan juga telah diserang bakteri antraks. Kasus ini pun menjadi masalah serius dinas terkait setempat.

"Wabah bakteri antraks terjadi sejak 9 September lalu di sejumlah dusun dan kecamatan Kabupaten Maros. Dalam waktu singkat, beberapa hewan ternak lainnya mati mendadak," jelas Kepala Bidang Peternakan Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan Maros, Syafruddin, Selasa (1/10/2013).

Menurutnya, wabah bakteri antraks di sejumlah daerah di Sulsel dinilai tidak aman. Hal inilah, katanya, menjadi perhatian utama pihaknya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7101 seconds (0.1#10.140)