Gelar konferensi batik anak jelang hari batik nasional

Selasa, 01 Oktober 2013 - 15:40 WIB
Gelar konferensi batik anak jelang hari batik nasional
Gelar konferensi batik anak jelang hari batik nasional
A A A
Sindonews.com - Hari Batik Nasional yang jatuh 2 Oktober besok diperingati dengan berbagai macam cara. Di sentra produksi batik Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, ratusan siswa menggelar konferensi batik anak.

Siswa dari mulai Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama berkumpul di pasar grosir batik Pantura Pekalongan.

Mereka berkumpul dan diberi pengetahuan tentang batik, mempelajari teknik membatik dan berbagai hal mengenai perbatikan .

Sejumlah anak yang mengikuti acara ini mengaku sangat senang dengan batik. Mereka berharap agar batik terus menjadi hasil unggulan budaya bangsa Indonesia.

“Saya senang dan bangga karena batik telah menjadi budaya dunia , maka kita sebagai anak Indonesia harus terus mencintai dan melestarikan batik," ujar Muzaki, siswa kelas 7, SMP N Karanganyar, Selasa (1/10/2013).

Usai menggelar konferensi batik anak, mereka menggelar deklarasi . Anak- anak ini secara bersamaan meneguhkan niatnya untuk terus mencintai batik, mengembangkan dan melestarikan batik Indonesia.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Pekalongan, Failasuf, menyebutkan, konferensi batik anak ini sebagai upaya untuk terus melestarikan batik.

“Batik saat ini sudah sangat maju dan menjadi ikon bangsa Indonesia maka anak- anak harus diberikan ruang seluas- luasnya untuk mengerti dan memahami batik serta mempraktekan," jelas Failasuf.

Diharapkan anak- anak ini akan menjadi penerus generasi perajin batik di Pekalongan, sehingga batik lebih maju dan membuat rakyat lebih sejahtera.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5283 seconds (0.1#10.140)