Jemaah haji dirampok di Arab Saudi, Rp105 juta raib

Selasa, 01 Oktober 2013 - 13:59 WIB
Jemaah haji dirampok di Arab Saudi, Rp105 juta raib
Jemaah haji dirampok di Arab Saudi, Rp105 juta raib
A A A
Sindonews.com - Seorang jemaah haji, Sultan, warga Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang masuk dalam kloter 16 embarkasi Makassar, menjadi korban perampokan saat berada di Arab Saudi. Sultan, mengaku telah kehilangan uang sebanyak tiga ribu riyal atau setara Rp105 juta.

Hal itu dikatakan jemaah lain yang sekloter dengan Sultan, Azwar Tjais, dalam keterangan resminya, Selasa (1/10/2013). "Jemaah dirampok di atas mobil oleh empat orang. Akibatnya uang tiga ribu riyal raib diambil pelaku," jelas Azwar Tjais.

Azwar Tjais mengkisahkan, cerita perampokan tersebut bermula saat korban pergi salat Subuh di Raodah bersama rombongan kloter. Tiba-tiba, korban diajak oleh seseorang untuk berziarah ke makam Baqi. Ternyata, korban dibawa lari ke toilet masjid.

"Di toilet itu, sudah ada tiga orang lain yang menunggu. Singkat cerita, korban dipaksa naik ke atas mobil pikap. Satu jam naik mobil, di bawah terowongan korban dirampok. Korban sempat melawan, namun kalah jumlah," papar Azwar.

Diduga, pelaku dalam melakukan aksinya telah terencana secara rapi. Karena setelah dirampok, Sultan tiba-tiba didatangi seseorang yang bermaksud hendak menolong. Kemudian membawanya ke penginapan.

"Ini seperti sindikat yang aksinya terstruktur dan rapi," tambahnya.

Sementara itu, kasus perampokan ini sendiri kini sudah ditangani aparat kepolisian setempat. "Kalau kata Sultan, orang yang merampoknya di atas mobil adalah orang Indonesia. Mereka berjumlah empat orang. Menurut Sultan, ciri-ciri keempat orang yang membawanya di atas mobil adalah mirip orang Indonesia," jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7647 seconds (0.1#10.140)