Kemarau, tiga bendungan di Kendal mengering

Minggu, 29 September 2013 - 18:27 WIB
Kemarau, tiga bendungan di Kendal mengering
Kemarau, tiga bendungan di Kendal mengering
A A A
Sindonews.com - Musim kemarau yang belum usai, mengakibatkan tiga bendungan yang ada di Kendal, Jawa Tengah (Jateng) mengering. Debit air terus menurun, sehingga mengakibatkan pasokan air untuk irigasi di lima kecamatan terancam. Debit air diperkirakan akan terus menurun, jika hujan juga belum turun.

Bendungan yang debit airnya terus menurun yakni, Bendungan Juwero di Pegandon, Bendungan Kedungpengilon di Brangsong dan Bendungan Trompo, di Kecamatan Kendal Kota. Bahkan di Bendungan Trompo, air sudah mengering sehingga pasokan di saluran irigasi tidak lagi tersedia.

Mengeringnya bendungan ini, diakibatkan musim kemarau yang berkepanjangan. Selain itu, program pemerintah Kabupaten Kendal yang mengeringkan saluran irigasi untuk memutus mata rantai hama menambah parah kekeringan di sejumlah saluran irigasi.

"Mengeringnya bendungan ini sudah terjadi hampir dua bulan. Air sedikit, sehingga untuk mengairi sawah saja kami melakukan sistem bergilir," ungkap sorang warga, Sumanto, Minggu (29/9/2013).

Air yang masih tersisa, lanjutnya, akan digilir setiap seminggu dua kali, agar irigasi di lima kecamatan tetap berjalan meski hanya sedikit.

Dinas Bina Marga Dan Pengairan Kendal sendiri, akan mengoptimalkan debit air yang tersisa agar petani yang mendapat pasokan air dari ketiga bendungan ini, tidak mengalami kesulitan.

Pemerintah sebelumnya sudah mensosialisasikan agar petani tidak menanam tanaman yang membutuhkan banyak air mengingat kondisi bendungan yang mengering dan program pengeringan saluran irigasi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9523 seconds (0.1#10.140)