Lagi, polisi Makassar dipusingkan dengan pembobolan ATM

Kamis, 26 September 2013 - 16:29 WIB
Lagi, polisi Makassar dipusingkan dengan pembobolan ATM
Lagi, polisi Makassar dipusingkan dengan pembobolan ATM
A A A
Sindonews.com - Kasus pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) kembali terjadi di Kota Makassar. Kali ini giliran ATM Bank Mandiri di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kecamatan Ujung Pandang, menjadi sasarannya.

Kasus pembobolan mesin ATM ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 02.30 Wita dini hari. Pelaku mencongkel casing ATM menggunakan pelat besi yang telah dipersiapkannya.

"Penutup mesin ATM kami temukan sudah dalam keadaan terbuka, tapi pelaku belum sempat membawa kabur uang di brankas mesin," kata Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Anwar Hasan, Kamis (26/9/2013).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun SINDO, kasus ini bermula saat seorang nasabah bank bernama Herman (20), warga Jalan Lembu, yang hendak menarik uang tunai di ATM Bank Mandiri. Namun saat akan bertransaksi, tiba-tiba kartu ATM-nya tertelan. Dia pun menghubungi call centre bank yang tertera di ATM tersebut.

Herman pun kemudian balik ke rumahnya, namun karena curiga call centre yang telah dihubunginya, dia kemudian kembali ke ATM untuk melakukan pengecekan.

Saat itulah dia menemukan casing mesin ATM telah terbuka, dan segera melaporkannya ke petugas kepolisian terdekat.

"Saya curiga pak, karena nomor call centre yang tertera di ATM itu nomor kode area Makassar, tidak sama dengan call centre bank," akunya saat dimintai keterangannya oleh petugas.

Wakasat Reskrim Kompol Anwar Hasan menyebutkan, modus pembobolan ATM tersebut tidak sampai mengarah ke penjaharan brankas yang berisi uang tunai.

"Ini jelas penipuan melalui ATM, karena poster call centre itu ternyata palsu. Ada pihak-pihak yang sengaja agar bisa membobol kartu ATM nasabah yang tertelan," pungkasnya.

Hingga kemarin, penyidik Polrestabes masih mempelajari ciri-ciri dari para pelaku yang terekam melalui kamera CCTV di ATM tersebut.

Sehari sebelumnya, gerai ATM milik Bank Arta Graha Jalan Ratulangi, Kec Mariso, dibobol pelaku tak dikenal. Pelaku yang terekam kamera CCTV tersebut mencongkel casing ATM menggunakan besi plat dan berusaha membawa kabur brankas yang berisi uang tunai.

Kemudian pada 12 September 2013 lalu, ATM Bank Mandiri di Jalan Perumnas Antang, Manggala, juga dibobol oleh seseorang yang hingga kemarin masih dalam pengejaran petugas.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9000 seconds (0.1#10.140)