Gus Ipul: Janggal, TPS di Situbondo, suara KarSa nol

Senin, 23 September 2013 - 13:54 WIB
Gus Ipul: Janggal, TPS...
Gus Ipul: Janggal, TPS di Situbondo, suara KarSa nol
A A A
Sindonews.com - Tim pemenangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) menemukan kejanggalan di Pemilukada Jawa Timur yang dihelat pada 29 Agustus lalu. Kejanggalan itu terjadi di 19 TPS Kabupaten Situbondo.

TPS yang berlokasi di Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, tidak ada suara untuk pasangan KarSa atau nol. "KarSa sama sekali tidak mendapatkan perolehan suara atau di nol kan," kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, di Surabaya, Senin (23/9/2013).

Gus Ipul, sapaan akrabnya, juga mengaku akan membawa bukti kejanggalan ini ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, Pasangan KarSa tidak mungkin mendapatkan nol suara di TPS tersebut. Sebab, di setiap TPS ada saksi untuk pasanga KarSa.

"Rasanya enggak mungkin kita mendapat suara nol, wong ada saksi KarSa. Masak saksi KarSa tidak memilih," katanya.

Ketua PBNU ini menjelaskan, di Pilkada 2008 lalu, salah satu objek gugatan adalah ketika pasangan KarSa dipersoalkan kerena ada suara Pasangan Khofifah-Mujiono (KaJi) di-nolkan sehingga pasangan KarSa dianggap melakukan kecurangan dan digugat ke MK. Kondisi itu dianggap pasangan KarSa telah melakukan kecurangan yang terstruktur dan masif.

Kali ini, lanjut Gus Ipul, justru pasangan KarSa yang dirugikan di Situbondo. "Padahal berdasarkan data yang kita miliki di 19 TPS ada saksi Karsa, minimal saksi coblos KarSa, tapi ini nol," tandasnya lagi.

Kejanggalan ini akan dibeberkan dalam persidangan MK sebagai pihak terkait. Jadi, tegas Gus Ipul, sangat tidak masuk akal jika pasangan KarSa melakukan kecurangan terstruktur dan masif. "Justru kita yang dicurangi, tidak mungkin 19 TPS kita sama sekali tidak mendapatkan suara," ujarnya.

Sesuai jadwal dari MK, perkara gugatan yang diajukan pasangan Khofifah Indarparawansa-Herman S Sumawiredja bakal disidangkan pada Selasa (24/9/2013).
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0422 seconds (0.1#10.140)