Besok angkot Kalapa-Dago gratis!

Kamis, 19 September 2013 - 20:08 WIB
Besok angkot Kalapa-Dago gratis!
Besok angkot Kalapa-Dago gratis!
A A A
Sindonews.com - Besok angkutan kota (angkot) jurusan Dago-Kebon Kalapa, gratis. Sebanyak 270 angkot akan menghapuskan 'argo-nya' dalam kegiatan yang bertajuk 'Angkot Day' tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak terkait dan semuanya mendukung untuk mewujudkan satu trayek aman, nyaman dan Insya Allah gratis," kata Koordinator Riset Indie Seterhen Akbar saat menggelar konferensi pers di Bradford Cafe Jalan Taman Pramuka, Kamis (19/9/2013).

Kegiatan ini dimulai pukul 05.00 sampai 19.00 WIB. Tidak ada syarat bagi masyarakat yang hendak memanfaatkan fasilitas ini.

"Teknisnya seperti biasa sehari-hari. Tidak berubah hanya lebih tertib, nyaman dan tidak bayar," ujar Akbar.

Angkot Day merupakan respons kelompok Riset Indie terhadap permasalahan urban mobility Kota Bandung. Kegiatan ini mencoba meneliti faktor-faktor penyebab kemacetan di Kota Bandung.

Khususnya yang terkait transportasi publik melalui pendekatan sosial-ekonomi. Mengingat minat menggunakan angkutan umum menurun seiring tingginya jumlah kendaraan pribadi.

"Dalam kegiatan ini kita ingin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan fasilitas angkutan umum. Karena dengan itu kendaraan kendaraan pribadi tentunya akan menurun," tuturnya.

Sebanyak 200 relawan akan dikerahkan pada kegiatan ini. Mereka akan berfungsi layaknya guide yang berada di setiap armada.

"Nantinya mereka akan memandu penumpang sekaligus co-driver. Jika sopir berjalan seenaknya, turun atau menaikan penumpang di tempat yang tidak seharusnya, relawan ini yang mengomel," tambahnya.

Selain itu, relawan ini pun akan bertugas menyebar angket tentang kepuasan menggunakan angkot. "Ujung tombaknya di mereka. Dari angket tersebut nanti akan diteliti sejauhmana fungsi dan kenyaman angkot bagi warga Bandng," lengkapnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7236 seconds (0.1#10.140)