Gagal panen, tanaman padi buat makan sapi

Rabu, 18 September 2013 - 10:58 WIB
Gagal panen, tanaman padi buat makan sapi
Gagal panen, tanaman padi buat makan sapi
A A A
Sindonews.com - Kekeringan yang melanda di berbagai daerah membuat sejumlah petani menderita, karena gagal panen. Di Banjarnegara, Jawa Tengah, kemarau mengakibatkan tanaman padi mati kekurangan air. Petani terpaksa memanen tanaman padi yang puso untuk pakan ternak.

Kondisi kemarau selama tiga bulan di Desa Jalatunda, Kecamatan Mandiraja Banjarnegara Jawa Tengah, membuat puluhan hektare lahan tanaman padi milik petani mati akibat kekurangan air.

Karena sudah tidak ada harapan untuk memanen padi, sejumlah petani terpaksa menebang tanaman padi yang rata-rata baru berumur 40-50 hari untuk pakan sapi.

"Kami sudah enggak bisa lagi menyiram. Jadi terpaksa saya tebang saja buat pakan sapi dari pada mati kering sia-sia," ujar Warso, petani Desa Jalatunda, kepada wartawan, Rabu (18/9/2013).

Total area persawahan warga yang mengalami kekeringan di desa ini seluas 60 hektare. Kekeringan tahun ini dirasa warga yang paling parah selama lima tahun terakhir. Kerugian seluruh petani akibat kekeringan ini di tafsir mencapai ratusan juta rupiah.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7492 seconds (0.1#10.140)