Festival Mahakam tahun ini pecahkan dua rekor MURI

Selasa, 17 September 2013 - 14:03 WIB
Festival Mahakam tahun ini pecahkan dua rekor MURI
Festival Mahakam tahun ini pecahkan dua rekor MURI
A A A
Sindonews.com - Festival Mahakam yang digelar setiap tahun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda tahun ini kembali digelar.

Untuk tahun ini, Festival Mahakam ke-13 akan dilaksanakan pada 1-3 November 2013. Rencananya, kegiatan akan tambah semarak dengan beragam acara, salah satunya pemecahan dua rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sekaligus.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, Faisal, mengatakan rekor MURI yang dipecahkan adalah rekor belajar memasak atau cooking class terbanyak. Rekor sebelumnya di Jakarta pada April 2012 sebanyak 2.500 orang ibu-ibu. Sementara di Festival Mahakam ini akan melibatkan 3.000 ibu-ibu.

"Dan yang kedua Kontes Memasak Bersama Pejabat Pemerintahan terbanyak, rekor sebelumnya dibuat di Bandung pada November 2012 sebanyak 223 orang, Insya Allah kita akan buat sebanyak 500 pejabat turut serta dalam Lomba Memasak Nasi Goreng Spesial ini," kata Faisal, Selasa (17/9/2013).

Acara pemecahan rekor ini akan digelar pada hari Sabtu 2 November 2013 mulai pagi hari bertempat di Islamic Center Samarinda.

"Sengaja pula kami gelar kegiatan ini di area Islamic Center Samarinda, baik karena ini merupakan icon Kota Samarinda dan juga untuk lebih memperkenalkan masjid kebanggaan kota Tepian ini. Tentu saja kami akan mengupayakan maksimal untuk peliputan nasional pada acara ini," tambahnya.

Festival Mahakam memang rutin digelar untuk menyemarakkan Kota Samarinda. Selain menjadi festival budaya, aneka hiburan juga akan disajikan untuk warga Kota Samarinda dan para wisatawan.

Pada pelaksanaan sebelumnya, suguhan budaya tidak hanya pada segmen kesenian, namun juga ada lomba tradisional. Lomba tradisional yang paling ditunggu adalah lomba perahu naga dengan rute membelah Sungai Mahakam. Perahu yang digunakan adalah perahu kayu yang dipahat menyerupai naga.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3331 seconds (0.1#10.140)