Jemaah haji asal Pekalongan bawa Rp300 juta ke Mekkah

Jum'at, 13 September 2013 - 14:21 WIB
Jemaah haji asal Pekalongan...
Jemaah haji asal Pekalongan bawa Rp300 juta ke Mekkah
A A A
Sindonews.com - Jemaah haji asal Kota Pekalongan, Nurma, kedapatan membawa uang tunai sebanyak Rp300 juta dalam rice cooker. Selanjutnya, uang tersebut diamankan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

Penemuan itu terungkap saat petugas PPIH melakukan pemeriksaan di pintu masuk embarkasi. Uang pecahan Rp100 ribu itu dibungkus di dalam plastik hitam, lalu dimasukkan lagi ke dalam alat penanak nasi listrik atau rice-cooker.

"Uang itu merupakan titipan sanak saudara dan tetangga di daerahnya saya. Itu uang 'badal' beberapa umat Muslim yang ingin mengangkatkan haji bagi anggota keluarga mereka yang telah meninggal dunia," ujar Nurma, kepada wartawan, Jumat (13/9/2013).

Ditambahkan dia, hal itu merupakan tradisi atau keyakinan bagi sekelompok Muslim. Rencananya, uang badal itu akan dibagi-bagikan kepada sejumlah orang atau komunitas sosial sesampainya di tanah suci nanti.

"Mereka yang dipercaya membagi-bagikan uang badal merupakan umat Muslim yang telah lebih dari dua kali menjalankan ibadah haji," terangnya.

Agar bisa membawa uang tersebut ke tanah suci, Nurma harus berurusan dengan petugas bea cukai. Dia harus melaporkan uang tersebut, agar bisa dibawa ke tanah suci.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)